Google Apresiasi Si Pecinta Gorila Foto: Google

Google Apresiasi Si Pecinta Gorila

PinkKorset.com – Doodle situs pencari Google hari ini mengenang kelahiran mendiang pecinta gorila, Dian Fossey.

Perempuan yang lahir pada 16 Januari 1932 ini adalah seorang zoologis asal Amerika Serikat (AS) yang mempelahari kelompok gorila secara mendalam, selama 18 tahun.

Fossey memperdalam risetnya ini ke pelosok hutan di pedalaman Rwanda, atas dorongan seorang antropolog bernama Louis Leakey. Pada 1983, ia menerbitkan buku bertajuk Gorillas in the Mist.

Buku ini merupakan kombinasi studi ilmiah mengenai gorila di pegungan dekat Karisoke Research Center dan kisah pribadinya. Semasa hidupnya, Fossey dikenal sebagai primatologis yang prominen.

Bersama Jane Goodall dan Birute Galdikes, mereka bertiga dijuluki sebagai Trimates, tiga periset primata kiriman Leakey yang handal. Goodall sibuk dengan simpanse dan Galdikas fokus di orangutan.

Fossey meninggal pada Desember 1985 lalu karena dibunuh di kabinnya di Virunga Mountains, Rwanda. Ia diduga tewas saat sedang mengisi senjatanya dengan amunisi, namun mengambil peluru yang salah.

Besar dugaan ada lebih dari satu penyerang yang masuk ke kabinnya dan kemungkinan besar bukan karena perampokan. Sebab, barang berharga milik Fossey masih utuh. Kasus ini masih belum terpecahkan.