Google Peringati Kemerdekaan RI [google]

Google Peringati Kemerdekaan RI

PinkKorset.com – Google merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-69 dengan mengganti logonya.

Pada Minggu, 17 Agustus ini, Google Doodle merubah tampilannya dengan beberapa rumah adat nusantara. Tulisan Google tampak menempel di 6 buah rumah adat dengan uniknya.

Pada logo tersebut juga terlihat tujuh orang anak Indonesia, dua diantaranya berseragam SD dan sedang mengibarkan bendera Merah Putih. Sedangkan lima anak lain tampak mengenakan aksesoris yang merupakan identitas suku Papua, Bali, Betawi, Sunda dan Jawa.

Ini adalah ke-6 kalinya Google membuat desain doodle untuk memperingati kemerdekaan RI. Doodle ini pun baru pertama kalinya didesain khusus oleh seniman asal Indonesia yang bermukin di ibukota, yakni Tommy Chandra.

Tommy mengaku tak gampang untuk membuat sebuah doodle dengan tema perayaan kemerdekaan RI, sebab tampilan doodle menurutnya harus mewakili keragaman nusantara.

Namun desain tersebut akhirnya rampung, dengan menampilkan perwakilan anak-anak berbusana adat serta rumah adat di Indonesia. Harapannya, perbedaan yang ada di Negara ini bukannya membawa perpecahan, malah akan membawa persatuan yang lebih kuat lagi.

“Doodle ini menunjukkan kehangatan dan persaudaraan budaya kita. Doodle ini juga memotret sebuah upacara, di mana pengibaran bendera menggambarkan perjuangan heroik dari para pejuang kemerdekaan yang berperang demi kita, para generasi penerus bangsa,” tambah Tommy.

Ia menilai doodle karyanya itu bisa menggambarkan Indonesia. “Saya rasa gambar ini menjelaskan Indonesia yang sebenarnya dan kenapa kita mencintai negeri ini,” ujar dia.