Gula Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung Foto: Google

Gula Tingkatkan Risiko Penyakit Jantung

PinkKorset.com – Mengkonsumsi terlalu banyak gula bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung hingga tiga kali lipat.

Para ilmuwan di Amerika menemukan hubungan antara asupan kalori harian yang berasal dari makanan atau minuman mengandung gula, dengan peningkatan angka kematian akibat penyakit jantung.

Satu minuman mengandung gula yang diminum dalam sehari, sudah cukup meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular (cardiovascular disease/CVD) yang mempengaruhi jantung dan pembunuh darah.

Seseorang yang seperempat asupan kalornya berasal dari gula tambahan, risiko terkena CVD tiga kali lebih besar ketimbang mereka yang konsumsi gulanya di bawah 10%.

Periset fokus pada gula tambahan dalam proses atau ketika menyiapkan makanan, bukan dari sumber alami. Panduan diet dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, gula harusnya di bawah 10% total asupan kalori.

Namun saat ini, banyak makanan dan minuman yang beredar di pasaran dipenuhi gula. Sekaleng minuman soda, misalnya, mengandung 35 gram gula atau setara 140 kalori.

Studi yang dipimpin Dr. Quanhe Yang dari pusat kendali dan pencegahan penyakit Amerika (CDC) ini menggunakan data survei kesehatan nasional di negara itu, untuk menentukan seberapa banyak gula yang dikonsumsi setiap orang.