Hal-hal Ini Bisa Merusak Pendengaran Foto: Oprah

Hal-hal Ini Bisa Merusak Pendengaran

PinkKorset.com – Beberapa aktivitas sehari-hari ini tanpa Anda sadari ikut merusak pendengaran.

Diantaranya seperti mendengarkan musik terlalu keras melalui headset atau pergi ke tempat-tempat yang terlalu bising. Berikut lengkapnya.

Musik Keras

Ini jelas. Menurut Sharon Sandridge, direktur pelayanan klinis audiologi di Klinik Cleveland, manusia memiliki batasan volume maksimal 100 hingga 115 desibel selama delapan menit.

Sedangkan menurut Robert K. Jackler, Kepala Departmene THT di Stanford University, batas normal mendengarkan musik setiap hari berada di bawah 85 desibel.

“Boleh saja mendengarkan musik sepanjang hari, selama suaranya tak lebih dari 85 desibel,” ujarnya.

Tempat Berisik

Kombinasi suara di tempat yang berisik bisa mencapai lebih dari 100 desibel. Misalnya di gym, ada kombinasi bunyi mesin atau alat-alat olahraga, ditambah suara musik.

Jika berada di tempat demikian, gunakan peredam telinga atau meminta manajer tempat tersebut mengecilkan volume suara.

Konser atau acara musik yang bising juga bisa mempengaruhi pendengaran karena volume maksimal yang bisa mencapai lebih dari 90 desibel.

Alat-alat Pertukangan

Alat-alat pertukangan yang biasa dimiliki di rumah seperti gergaji bisa menghasilkan suara hingga 120 desibel jika sedang digunakan. Tak hanya gergaji, alat pemotong rumput yang menggunakan listrik juga berkontribusi dengan volume sebanyak 106 desibel.

Kembang Api

Tahukah kembang api memiliki volume sebanyak 150 desibel? Itulah sebabnya Anda kerap merasa telinga seperti berdengung setelah melihat pertunjukkan kembang api atau petasan.