Haruskah Kita Memusuhi Kentang Goreng? Foto: Google

Haruskah Kita Memusuhi Kentang Goreng?

PinkKorset.com – Kentang goreng kini menjamur, tak hanya jadi andalan restoran cepat saji. Sadarkah kentang goreng sebenarnya tak baik bagi kesehatan Anda?

Tak hanya restoran, kentang goreng kini bisa Anda buat sendiri di rumah. Tinggal beli setengah jadi di supermarket dan goreng sendiri. Penikmatnya pun tak terbatas, mulai anak-anak hingga lanjut usia.

Harus disadari bahwa kentang goreng berbahaya untuk kesehatan. Mengapa?

Lemak Jahat

Menggoreng makanan memang menciptakan rasa yang nikmat. Namun lemak jahat atau lemak jenuh yang terkandung di dalam minyak goreng beresiko terhadap penyakit kanker, jantung dan diabetes.

Kerusakan yang dilakukan oleh lemak jenuh salah satunya terdapat di dalam margarin. Lemak jahat ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dan lipoprotein densitas yang rendah.

Lemak jahat akan mempengaruhi aliran trombosit yang perlahan-lahan lengket dan membentuk gumpalan dan terhubung dengan arteri yang mengalirkan oksigen dan nutrisi di tubuh kita.

Gumpalan kecil lama kelamaan membentuk dinding plak yang akhirnya akan menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Karbohidrat Buruk

Kentang terbuat dari karbohidrat yang sederhana. Itulah sebabnya, kentang mudah terserap dan berubah cepat menjadi gula di dalam tubuh terutama, kentang putih yang biasa menjadi bahan baku kentang goreng.

Kandungan gula yang tinggi di dalam darah juga memiliki resiko penyakit diabetes dan penyakit jantung. Selain itu, ketika tubuh mengalami penyerapan karbohidrat dengan cepat, pilihannya adalah mengubahnya menjadi energi atau mengendap menjadi lemak.

Kentang goreng juga mengandung acrylamide yang mampu meningkatkan resiko terhadap penyakit kanker.