Heboh Ice Bucket Challenge [q108]

Heboh Ice Bucket Challenge

PinkKorset.com – Tantangan menyiramkan seember air es ke kepala seseorang alias ice bucket challenge sedang heboh. Mengertikah maksud dan tujuannya?

Tak terhitung banyaknya nama-nama terkenal yang ikut melakukan tantangan ini. Ice Bucket Challenge atau dikenal juga sebagai ALS Ice Bucket Challenge menjadi topik yang ngetren di berbagai media sosial selama musim panas ini.

Berbagai nama terkenal ikut meramaikan kampanye yang pertama muncul tahun lalu. Caranya sederhana. Anda menuangkan seember air es ke kepala kemudian menunjuk orang selanjutnya, biasanya tiga nama, untuk melakukan tantangan serupa.

Selebritas pun meramaikannya. Mulai dari Oprah Winfrey, Bill Gates dan David Beckham, hingga ke Lady Gaga dan jauh ke Bollywood seperti Abishek Bachchan dan Akshay Kumar. Intinya, hampir semua selebritas mungkin sudah melakukannya.

Bahkan, beberapa selebritas lokal juga ikut meramaikannya. Seperti Ronal dan Tike melakukannya atas nama radio tempat mereka bekerja sebagai penyiar, JakFM. Seru memang melihatnya. Jujur saja, asyik untuk melakukannya.

Tapi apakah Anda mengerti inti dari tantangan ini? Perlu diketahui, Ice Bucket Challenge bukan dilakukan just for fun atau sekadar mengikuti tren. Ada tujuan mulia di balik terciptanya tren musim panas ini.

Tantangan ini merupakan bentuk simbolis keterlibatan pelakunya dalam kegiatan amal atau sosial. Biasanya, mereka menyumbangkan uang ke berbagai yayasan. Misalnya untuk kanker atau penyakit lainnya yang masih membutuhkan riset besar.

Kali ini, diberi nama ALS Ice Bucket Challenge karena tujuannya ingin meningkatkan kewaspadaan dan mendonasikan uang demi amytrophic lateral sclerosis (ALS) alias Lou Gehrig’s disease. Pengidapnya yang paling terkenal adalah si jenius Stephen Hawking.

Per 29 Juli – 18 Agustus ini, ALS Association menerima US$15,6 juta. Periode yang sama tahun lalu, mereka hanya menerima US$1,8 juta. Donasi ini datang dari donatur tetap dan 307.598 donatur baru yang diperkirakan berkat tren Ice Bucket Challenge.

Sayangnya, banyak juga yang melakukannya demi tren semata, agar tak dibilang ketinggalan. Mereka, tak jarang para selebritas, hanya asyik menyiramkan air ke kepala dan menunjuk tiga orang berikutnya, tanpa benar-benar paham tujuannya.

Tak ada salahnya mengikuti tren ini. Tapi kini Anda tahu tujuannya, usahakan juga untuk melakukannya demi tujuan mulia tersebut.