Hindari Salah Menggunakan Tabir Surya [air-tan]

Hindari Salah Menggunakan Tabir Surya

PinkKorset.com – Sebagai penduduk negara tropis, Anda pasti menyadari pentingnya tabir surya (sunscreen). Tapi, apakah Anda menggunakannya dengan benar?

Melindungi kulit wajah dan tubuh dengan tabir surya atau produk ber-SPF rupanya juga memiliki langkah-langkah pemakaian yang tepat. Sebab jika tidak, pemakaian sia-sia dan tak melindungi kulit dari jahatnya sinar UV.

Berikut beberapa cara penggunaan yang salah atau tak tepat dan seringkali terjadi.

Saat Berada di Luar Ruangan

Tabir surya atau atau produk ber-SPF membutuhkan beberapa menit untuk terserap ke dalam kulit. Sebagian besar produk yang beredar di pasaran biasanya telah mencantumkan ketentuan waktu tersebut, bisa sekitar 15-30 menit.

Menurut Jeanette Graf, asisten profesor dermatolog di Mount Sinai Medical Center, New York, butuh 30 menit untuk mengoleskan tabir surya sebelum Anda ke luar rumah. Ini waktu penyerapan maksimal di dalam jaringan kulit.

Setelah Berpakaian

Menurut Noelle Sherber, konsultan dermatolog untuk Johns Hopkins Scleroderma Center, mengoleskan setelah berpakaian membuat Anda cenderung menghindari bagian yang dekat pakaian.

“Anda berhati-hati agar tak kena pakaian dan juga melupakan bagian-bagian yang tertutup pakaian,” ujarnya. Ubah kebiasaan ini, kenakan tabir surya sebelum berpakaian sehingga semua bagian terjangkau.

Melewatkan Beberapa Bagian Tubuh

Bibir, telinga, jari-jari kaki, kelopak mata, belakang leher, lengan bagian atas, dan punggung kaki biasanya bagian-bagian yang dilewatkan. Padahal, menurut Dr. Graf, bagian tersebut sama rentannya terharap paparan sinar UV.

Oleskan tabir surya secara merata hingga bagian kulit tersempit. Khusus untuk bagian bibir, Dr. Graf menyarankan lipbalm ber-SPF dengan frekuensi yang lebih sering karena lipbalm hilang saat Anda bicara atau makan dan minum.

Tak Sesuai Kegiatan

Tak semua tabir surya cocok dalam berbagai kegiatan. Apalagi kegiatan tersebut membuat Anda sering berkeringat atau berhubungan dengan air seperti berolah raga di luar ruangan dan berenang.

Dr. Sherber menyarankan Anda memilih tabir surya dengan formula tahan air. Percuma saja jika Anda mengenakan tabir surya tapi terbawa air atau keringat dan hilang seluruh fungsi perlindunganya.

Salah Sasaran

Anda menggunakan tabir surya untuk badan di wajah? Tahukah jika tabir surya badan dan wajah memiliki formulasi berbeda? Wajah jauh lebih sensitif dibandingkan kulit tubuh.

Jika kulit wajah sensitif dan berjerawat, hindari pemakaian tabir surya tubuh di wajah. “Terutama tabir surya berbentuk spray yang mengandung banyak alkohol yang bisa menyebabkan kulit wajah kering dan iritasi,” papar Dr. Sherber.