Honda Gelar Kompetisi Safety Riding Khusus Perempuan Instructor Safety Riding Competition pada 17-18 Juni 2013 di Mataram, Lombok

Honda Gelar Kompetisi Safety Riding Khusus Perempuan

PinkKorset.com, Bandung – PT Astra Honda Motor (AHM) mengadakan lomba instruktur khusus perempuan dalam Safety Riding Instructors Competition (SRIC).

General Manager Marketing, Planning, and Analysis PT AHM Indraputra menilai, keberadaan instruktur safety riding perempuan itu dapat membuat aktivitas kampanye keamanan dan keselamatan berkendaraan bermotor bagi konsumen menjadi semakin efektif.

Kompetisi ini dianggap penting karena jumlah perempuan pengendara motor terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Honda, jumlah perempuan yang mengendarai motor tiap tahunnya rata-rata meningkat hingga 25%, sejalan dengan pertumbuhan penggunaan motor matik.

“Pada dua atau tiga tahun lalu penjualan motor mattic itu hanya menyumbang sekitar 25 persen dari total penjualan motor. Sekarang ini motor mattic menyumbangkan hingga 70 persen dari total penjualan motor di pasar Indonesia,” ujarnya di Bandung, Selasa (10/6/2014).

Kompetisi kali ini diikuti 9 instruktur perempuan. Dalam kompetisi tersebut, pihak Honda tidak hanya menguji keterampilan, tetapi juga menilai cara peserta mengendarai motor sesuai kaidah-kaidah keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

Menurut Indra, SRIC adalah kegiatan tahunan PT Astra Honda Motor (AHM), yang sudah digelar 8 kali beturut-turut. Kegiatan rutin ini merupakan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap keselamatan berkendara di Indonesia, “Kami mengutamakan prinsip no sales without safety (tidak ada penjualan tanpa standar keselamatan),” katanya.

Para peserta SRIC tersebut diseleksi di tingkat provinsi dari 150 instruktur dan 300 advisor yang ada di seluruh Indonesia. Pemenang kompetis ini akan dikirim ke Jepang untuk ikut bersaing dalam ajang kompetisi instruktur safety riding tingkat internasional.