Ilmuwan Temukan Gua Berusia Ribuan Tahun [news.vice]

Ilmuwan Temukan Gua Berusia Ribuan Tahun

PinkKorset.com, Mexico City – Setelah eksplorasi bertahun-tahun, ilmuwan menemukan gua yang ditutup hampir dua ribu tahun lalu di Teotihuacan, Meksiko.

Temuan di kota tua Teotihuacan ini diyakini para ilmuwan amat penting. Mereka menemukannya di kedalaman 103 meter setelah menggalinya dengan amat hati-hati sambil mengumpulkan berbagai relik.

“Ini salah satu tempat tersuci di Teotihuacan. Mungkin para pemimpinnya mendapatkan momen spiritual di tempat seperti ini,” kata pemimpin proyek tersebut, Sergio Gomez.

Terdapat sesaji besar dekat pintu masuk ruangan tersebut, sedalam 18 meter di bawah Temple of the Plumed Serpent, yang kemungkinan makam para petinggi kota tersebut.

Biasanya, para ilmuwan menemukan reruntuhan sebelum era Kolombia di Meksiko. Belum pernah ditemukan sisa-sisa apapun yang dimiliki oleh para penguasa Teotihuacan, baru kali ini.

Sebab itulah mereka amat bergembira dengan temuan ini diharapkan bisa lebih jauh mengetahui susuan kepemimpinan. Salah satunya apakah para pemimpinnya turun temurun atau dipilih rakyatnya.

Sejauh ini, tim Gomez baru sukses melakukan ekskavasi sedalam 60 centimeter dan diharapkan tahun depan mereka sudah bisa masuk ke dalam ruangan apapun itu. studi menunjukkan, gua atau ruangan itu terakhir berfungsi pada 250 Masehi.