IMF Akan Suntikkan $4,8 M ke Yunani [ivarfjeld]

IMF Akan Suntikkan $4,8 M ke Yunani

PinkKorset.com, Washington – Dana Moneter Internasional siap mencairkan sekitar 3,5 miliar euro (US$4,8 miliar) bagian dari dana talangan (bailout) kepada Yunani pada akhir Mei.

Juru bicara IMF Gerry Rice pekan lalu mengatakan, dewan eksekutif IMF, yang mewakili 188 negara anggota pemberi pinjaman global, akan bertemu pada 30 Mei untuk membahas pencairan bantuan tersebut.

Persetujuan ini diperkirakan muncul, menyusul tinjauan kinerja Yunani di bawah program dana talangan internasional 2012. Program ini mengharuskan Yunani melakukan reformasi penghematan tidak populer untuk memulihkan keuangan dan mengatasi utang yang sangat besar.

Awalnya, IMF akan mengucurkan 1,7 miliar euro pada akhir Mei 2013, tetapi negosiasi yang diadakan oleh Athena gagal memenuhi persyaratan program bantuan itu.

Rice menambahkan, suntikan dana mendatang dua kali lebih banyak, karena adanya keterlambatan dalam mencapai kesepakatan atas tinjauan IMF dan mitra dana talangan, eksekutif Uni Eropa, Komisi Eropa dan Bank Sentral Eropa (ECB).