Ini Lagu Paling ‘Catchy’ Sepanjang Masa [theimcmagazine]

Ini Lagu Paling ‘Catchy’ Sepanjang Masa

PinkKorset.com – Lagu yang satu ini bikin semangat, enak didengar, dan sangat mudah ditirukan. Lagu apa yang dinobatkan jadi lagu paling catchy sepanjang masa?

Meski ini bakal jadi perdebatan diantara kalangan pecinta musik, periset menyatakan Wannabe hit pertama grup band asal Inggris, Spice Girls, adalah lagu paling catchy sepanjang masa.

Periset berasal dari University of Amsterdam ini menjalin kerjasama dengan Museum of Science and Industry di Manchester, UK. Pemenangnya, lagu yang melambungkan nama Spice Girls pada 1996 itu.

Pakar musik dari University of Amsterdam, Ashley Burgoyne menyatakan, kita mungkin mendengar lagu sekali-dua kali dan sepuluh tahun kemudian menyadari bahwa sudah pernah mendengarnya.

“Tapi pada lagu lain, meski sudah mendengarnya berulang kali, tetap tak ada efek tersebut,” ujarnya.

Lalu apa yang membuat sebuah lagu disebut catchy? Jawabnya tidak sesederhana kemampuan Anda mengetahui dan mengenalinya. Tapi bagaimana lagu itu terus berputar-putar di kepala Anda alias earworn effect.

Untuk mengukur ini, periset mengembangkan permainan. Bukan permainan tebak lagu. Subyek diminta menekan tombol stop begitu mengenali tune sebuah lagu. Juga, menguji seberapa lama lagu ini ‘menempel’ di kepala Anda.

Anda juga bisa menguji sendiri game bernama Hooked on Music ini. Mungkin kami perlu peringatkan agar tidak mencobanya saat di kantor atau bekerja karena produktivitas Anda bisa terhambat.

Game ini menggunakan 40 lagu paling top dari setiap dekade, selama 70 tahun terakhir. Dari 12 ribu orang yang bermain selama satu tahun periode studi ini, Wannabe menempati urutan teratas dengan rata-rata 2.29 detik.

Berikut video asli Wannabe dari Spice Girls. Awas, lagunya bakal stuck di kepala Anda!