Inilah yang Dibutuhkan Pengusaha Sukses Foto: robbievantwout

Inilah yang Dibutuhkan Pengusaha Sukses

PinkKorset.com, Jakarta – Banyak perempuan memutuskan untuk menjadi pengusaha ketimbang karyawan di sebuah perusahaan. Lalu,  apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi pengusaha sukses?

Irma Sustika, pendiri Woman Preneur Community mengatakan, menjadi pengusaha yang sukses harus dimulai dari mengenali potensi atau kemampuan diri sendiri.

“Kalau sukanya masak atau berada di area dapur, gunakan area dapur jadi area berkarya. Kalau sukanya bikin kue, masakan apa yang dia paling suka, latihlah terus. Kalau sukanya fashion, ya bisa menjadi desainer,” ujarnya saat ditemui PinkKorset di Jakarta beberapa waktu lalu.

Irma mengakui, modal memang penting dalam membangun usaha. Namun, permodalan bukanlah hal utama dalam bisnis, melainkan kemampuan dan potensi dalam membuat produk atau jasa.

“Banyak sering kita dengar keluhan, kalau mau bisnis itu nggak ada modalnya. Modal itu penting tapi itu bukan nomor pertama. Yang paling penting adalah kenali potensi dan kemampuan diri kita, mulailah dari sana.”

Adapun hambatan yang kerap dialami para perempuan saat terjun di dunia usaha adalah mudah tergoda mengganti-ganti barang atau jasa yang dijualnya, dengan kata lain tidak fokus. Irma pun menyarankan pera pemula untuk fokus ada satu bidang usaha. “Cobalah untuk fokus, jangan tergoda dengan yang lain dan akhirnya nggak berhasil satupun juga.”

Menurut Irma, ada peluang besar di dunia usaha bagi perempuan untuk menjadi seorang womanpreneur. Apalagi Indonesia masih sangat kekurangan enterpreneur, terutama dari pihak perempuan.

Irma menegaskan, semua perempuan bisa berbisnis dan memiliki potensi luar biasa, termasuk ibu rumah tangga. “Mereka bisa berkarya, meraih impiannya, dan masih bisa tetap bersama keluarga, sama anak-anak,” katanya.