Jadi Karyawan Baik di Tempat Baru [metrofax]

Jadi Karyawan Baik di Tempat Baru

PinkKorset.com – Bila Anda baru saja memulai pekerjaan baru, ada baiknya untuk menjadi karyawan yang baik.

Seiring perkembangan jaman, bisnis harus mengubah cara untuk beradaptasi, termasuk para pemberi kerja dan pekerja.

Bagi pekerja, selalu persenjatai diri dengan beberapa perilaku sederhana untuk mempertahankan pekerjaan dan pastikan peran Anda dibutuhkan. Apalagi, bila ini pekerjaan yang selama ini diidam-idamkan.

Anda akan terkejut atas pengakuan beberapa manajer bahwa cara-cara menjadi karyawan baik, tidak selalu dipraktekkan.

Jadi, perhatikan hal-hal berikut dan Anda akan bertahan di perusahaan tersebut.

Cari Tahu

Salah satu cara untuk menjadi karyawan baik dan bertahan di pekerjaan baru adalah sikap ringan tangan. Cari tahu semampu Anda tentang rekan kerja, proyek-proyek, kebijakan dan divisi-divisi.

Cobalah bangun pemahaman pribadi tentang divisi Anda. Meski memakan waktu, hal ini akan menunjukkan betapa tertariknya Anda pada perusahaan dan rekan-rekan Anda.

Satu per satu

Cari tahu nama orang dan sedikit latar belakang mereka. Anda juga bisa mengakrabkan diri dengan mereka satu per satu. Cara ini tidak bisa diterapkan untuk semua orang, terutama jika kantor Anda memiliki banyak cabang atau Anda berada di sebuah divisi yang besar.

Namun, cobalah mengenal masing-masing karyawan dan berinteraksi cukup sering. Ambil kopi, makan siang, atau ajak mereka berbincang-bincang. Cara ini memungkinkan Anda mengetahui peran mereka dalam perusahaan, dan hubungan Anda di masa depan akan lebih pribadi dengan mereka.

Saran dari manager

Jika menerima saran dan komentar dari manajer Anda pada beberapa pekan pertama, pastikan untuk memperhatikannya. Terapkan sebaik mungkin, dengan asumsi semua masuk akal untuk Anda. Beberapa bulan pertama (Khususnya di perusahaan besar) adalah masa percobaan untuk mempelajari gaya komunikasi, bagaimana orang bekerja dan berinteraksi. Observasi dan belajar dari orang lain selama waktu krusial ini.

Tinggalkan ego

Tidak selalu mudah, tapi kunci untuk kesuksesan Anda, sebagian tergantung pada kemampuan menjaga ego dan memiliki sikap positif. Bahkan jika Anda sudah tahu dan pernah mengalami masalah serupa di perusahaan lama, tempat kerja Anda yang baru ini memiliki cara tersendiri dalam melakukan dan menangani sesuatu.

Mungkin Anda dapat menawarkan beberapa wawasan tentang bagaimana hal-hal dilakukan di perusahaan terdahulu serta menambah nilai untuk kebijakan dan prosedur internal perusahaan.

Tanyakan pertanyaan hebat

Sangat penting untuk mengajukan banyak pertanyaan hebat dalam peran baru sebagai karyawan. Anda cenderung akan mendapatkan jawaban yang berkualitas baik juga. Jangan takut menanyakan sesuatu yang Anda pikir pertanyaan bodoh atau tidak penting. Setidaknya hal tersebut menunjukkan Anda mendengarkan dan berpikir strategis, kualitas penting yang mungkin dicari atasan baru Anda.

Jujur dan jaga integritas

Buatlah sikap jujur dan integritas sebagai bagian dari diri Anda. Jujurlah dengan diri sendiri dan juga dengan orang lain yang berinteraksi dengan Anda. Mereka akan lebih menghormati jika kejujuran dan integritas merupakan gaya Anda bekerja.

Milikilah tujuan pribadi

Jika sudah membuat catatan dari semua hal-hal di atas, Anda dapat menerapkan dalam rencana pribadi untuk fokus dan merumuskan tujuan pengembangan profesional Anda sendiri.

Setiap orang membutuhkan tujuan pribadi, selain fokus pada tujuan perusahaan. Dengan begitu, pekerjaan menjadi sangat berarti, tidak hanya menjadi wadah tempat Anda unjuk diri.