Jadi Miliarder Termuda Berkat Energi Alternatif [google]

Jadi Miliarder Termuda Berkat Energi Alternatif

PinkKorset.com – Salah satu ceruk bisnis yang bisa dicermati saat ini adalah energi alternatif. Berbekal pembangkit listrik tenaga angin, laki-laki asal Thailand ini berhasil masuk dalam jajaran orang terkaya di negaranya.

Nopporn ‘Nick’ Suppipat kini berada di urutan ke-31 orang terkaya di Thailand. Forbes bahkan menetapkannya sebagai miliarder paling muda di jajaran 50 orang terkaya, dengan usianya yang menginjak 43 tahun.

Ia masuk ke dalam daftar orang terkaya Thailand bersama dengan pendatang baru Pradej Kitti-itsaranon, investor utamanya.

Keberhasilannya ini bukan diperoleh dalam sekejap. Anak dokter gigi yang mengenyam pendidikan di AS ini memulai peruntungannya dengan berkecimpung di pasar saham, saat ia kembali ke Thailand.

Nick berhasil memperoleh US$1 juta pada usia 21, tetapi tidak bertahan terlalu lama. Ia harus menggeser lini bisnisnya karena ada krisis pada 1997.

Beralih ke bisnis penerbitan majalah, juga ternyata belum membuahkan hasil. Ia malah mendulang kerugian.

Akhirnya pada 2005, Nick mulai menggarap energi angin pada 2005. Sebagai pelopor energi terbarukan, Nick mendirikan Wind Energy Holding, dan mempunyai dua per tiga sahamnya.

Berbekal keuletannya, kini perusahaannya memiliki dua pembangkit listrik angin di timur laut, yang menghasilkan 207 megawatt listrik. Selain memiliki tujuh pipa penggerak dengan kapasitas gabungan sebesar 650 megawatt.

 

 

.