Jaguar Land Rover Laku Keras, Tata Motor Tersenyum [JLR F-Type]

Jaguar Land Rover Laku Keras, Tata Motor Tersenyum

PinkKorset.com  –  Tingginya permintaan atas Jaguar Land Rover memicu lonjakan laba yang cukup drastis pada Tata Motors Ltd.

Sepanjang April-Juni 2014, Tata Motor mencatatkan lonjakan laba hingga tiga kali lipat menjadi 54 miliar rupee atau sekitar US$882 juta.

Torehan laba tersebut melampaui estimasi rata-rata 34 analis Bloomberg, yakni 37,9 miliar rupee, sekaligus merupakan kenaikan laba terbesar sejak kuartal keempat 2010.

Sementara, pendapatan pabrikan otomotif terbesar di India ini meningkat 38% menjadi 646,8 miliar rupee.

Lonjakan keuntungan tersebut merupakan kontribusi dari Jaguar Land Rover, di mana laba sebelum pajak melesat jadi 924 juta poundsterling (US$1,55 miliar) didorong permintaan convertible F-Type dan SUV Range Rover.

Pada kuartal tersebut, penjualan Jaguar Land Rover, tercatat naik 22% menjadi 115.596 unit, didukung F-Type yang mulai dikapalkan tahun lalu, serta Range Rover anyar.

Divisi mobil mewah tersebut membantu kinerja Tata Motors, yang berjuang untuk menghidupkan kembali profitabilitas dari bisnis di India yang menjual mobil, bus dan truk dengan merek Tata.

“Kinerja Jaguar Land Rover cukup baik,” ucap Juergen Maier, fund manager di Raiffeisen Capital Management, Vienna. “Hal berikutnya yang perlu dicermati adalah apakah XE akan mengalahkan BMW 3 series dan Mercedes C class.”