Jam di Bolivia Bergerak ke Kiri [bolivia]

Jam di Bolivia Bergerak ke Kiri

PinkKorset.com, Sucre – Istilah ‘bergerak searah jarum jam’, biasanya diartikan pergerakan ke arah kanan. Namun, hal ini tidak berlaku di Bolivia.

Jam di negara Amerika latin tersebut, tepatnya di depan gedung kongres Bolivia, La Paz, memiliki jarum yang bergerak ke kiri. Namun, jam tetap dimulai dari angka satu, dengan penempatan angka diubah berlawanan dengan arah jarum jam pada umumnya.

Menteri Luar Negeri Bolivia David Choquehuanca yang menyebutnya “jam selatan”, mengatakan, perubahan dibuat agar warga Bolivia menghargai warisan budaya.

Selain mendorong warga Bolivia untuk berpikir kreatif dan kritis, “Siapa yang mengatakan jam harus selalu bergerak ke satu arah? Mengapa kita harus mengikutinya? Mengapa kita tidak menjadi kreatif?” katanya pada pekan lalu.

Menurutnya, perubahan itu bertujuan memulihkan identitas adat dan negara di selatan Amerika tersebut.

Mengingat Bolivia berada di belahan bumi bagian selatan, maka jarum jam seharusnya bergerak searah dengan matahari, berlawanan dengan gerakan jarum jam negara di belahan bumi bagian utara. “Kita tidak perlu mempersulit masalah, kita hanya harus menyadari bahwa kita hidup di selatan, bukan di utara, “katanya.

David Choquehuanca mengaku memberikan kepada setiap delegasi asing yang menghadiri KTT G7 di Santa Cruz, Bolivia, sebuah jam meja dengan jarum bergerak ke kiri. Pada jam tersebut terdapat peta Bolivia, yang juga menyertakan wilayah yang masih disengketakan dengan Cile.