Jangan Bicara Hal-hal Ini di Kantor Foto: catherinescareercorner

Jangan Bicara Hal-hal Ini di Kantor

PinkKorset.com, Jakarta – Beberapa hal merupakan pantangan untuk dibicarakan di tempat kerja. Terutama bila Anda masih ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Perasaan jengkel dan tidak bahagia di tempat kerja, bisa muncul dari berbagai hal yang terjadi di kantor. Entah berurusan dengan manajer yang buruk dan tidak kompeten, mengelola beban kerja yang besar atau harus berurusan dengan rekan-rekan yang tidak ramah.

Ketika frustrasi melanda,  berbagai emosi dan pikiran buruk mendera. Inilah mengapa sangat mudah menjadi negatif secara verbal di tempat kerja.

Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya disimpan di kepala. Jangan biarkan kata-kata kasar yang mengungkapkan pemikiran buruk Anda keluar dan menjadi bagian dalam percakapan.

Dengan semua tantangan ini, sangat penting untuk melihat bagaimana mengkomunikasikan frustrasi yang kita alami, dengan tidak mengatakan hal-hal berikut :

“Aku benci pekerjaan ini!”

Jangan lupa bahwa saat ini masih banyak orang yang sulit mencari pekerjaan. Jika Anda merasa perlu mengeluarkan kata-kata ini di tempat kerja di depan manajer dan kolega, maka bersiaplah untuk menghadapi konsekuensi ketika ada program pemangkasan karyawan.

“Saya tidak peduli apakah kita bisa menyelesaikan proyek sesuai tenggat waktu atau tidak.”

Kata-kata ini menunjukkan sikap cuek terhadap pekerjaan atau proyek. Anda secara tidak langsung memberitahu manajer, bahwa Anda tidak peduli tentang target seluruh tim dan organisasi. Ini tidak menjadikan Anda seorang staf atau pemain tim yang baik.

Jika Anda gembira saat memperoleh gaji, maka Anda sebaiknya melakukan pekerjaan dengan senang hati, memenuhi tenggat waktu yang ditetapkan atau menjelaskan mengapa Anda tidak dapat memenuhi deadline.

“Cari orang lain, hal ini membuang-buang waktu berharga saya!”

Ada cara yang baik dan buruk untuk mengatakan sesuatu. Ketimbang bicara tidak pantas, sampaikan maksud Anda dengan cara yang lebih baik, lalu sarankan tugas mana yang paling cocok.

“Perubahan bukan untuk saya.”

Di tempat kerja dan dalam kehidupan, selalu ada perubahan, apakah itu pindah kerja ke daerah lain, rekan pindah pekerjaan, kehilangan orang yang dicintai, dan lainnya. Perubahan memang tidak mudah bagi siapa pun, tetapi justru sering memberi kesempatan untuk berkembang dalam hidup, selain menguji keberanian Anda.

Resesi, penurunan ekonomi dan pemangkasan jumlah pegawai, telah menempatkan pekerja di masa yang sulit. Semua selalu mengalami perubahan. Bila Anda menyatakan tidak menyukai perubahan, maka Anda akan dilihat sebagai orang yang kurang fleksibel. Hal ini merupakan minus dalam penilaian selanjutnya.

“Proyek ini memuakkan!”

Jika pekerjaan Anda dari hari ke hari terasa menyebalkan, mungkin sudah saatnya berbicara langsung kepada manajer Anda. Mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk mencari pekerjaan lain.

Bagaimanapun, jangan pernah mengucapkan kata-kata ini di lingkungan kantor. Ketimbang mengumpat dan membawa akibat buruk bagi karir, sebaiknya menganggap situasi ini sebagai tantangan.

“Itu bukan pekerjaan saya.”

Anda berada di tempat yang sulit, jika perusahaan Anda memiliki banyak pekerjaan dengan staf yang tidak banyak. Dengan alasan menghemat biaya, rekan-rekan Anda pun mendapat pekerjaan berlebih.

Situasi ini menyebabkan staf yang tersisa diminta bantuan untuk melakukan hal-hal di luar deskripsi pekerjaan sesungguhnya.

Anda tidak melakukan kebaikan apapun, bila mengatakan tugas yang telah dialokasikan untuk Anda bukan tugas Anda. Belajarlah untuk menjelaskan lebih baik. Anda dapat mengatakan, ” Yah, Saya ingin melakukan pekerjaan ini untuk Anda, tapi saya memiliki banyak pekerjaan lain yang juga dikejar waktu. Anda suka saya melakukan yang mana dulu ? ”

“Kami selalu melakukannya dengan cara ini.”

Bagi banyak perusahaan, perbaikan dilakukan terus-menerus. Jadi, Anda harus selalu mencari cara yang lebih baik dalam melakukan sesuatu. Tidak ada bisnis yang ‘seperti biasa’, Anda harus mulai berpikir ulang cara Anda melakukan hal-hal.

Untuk bersaing dalam dunia dengan solusi cepat dan dinamis, berarti akan ada banyak perubahan pada proses, tugas, alat-alat dan sistem untuk memfasilitasi pertumbuhan. Anda akan tertinggal jika bertahan dengan cara yang itu-itu saja.

Terhadap hal ini, Anda dapat mengatakan dengan cara yang positif, “Cara baru ini terdengar hebat, tapi bagaimana ini akan membantu mengembangkan pendekatan teruji dan terbukti yang telah kita gunakan ? ”

“Mengapa ia dipromosikan? Saya lebih memahami pekerjaan ketimbang dia. Ini tidak adil!”

Jika Anda merasa dimanfaatkan, jangan berkoar kemana-mana. Sebaliknya, datangilah manajer Anda dan bicarakan hal itu. Namun, Anda harus realistis tentang kompetensi dan keterampilan.

Anda sebaiknya tahu mengapa Anda dilangkahi dan membuat rencana untuk membantu Anda menangani setiap situasi, sehingga mendapat kesempatan promosi di masa depan.

—–

Ingat, perusahaan dan kehidupan pada umumnya tidak adil.  Namun, orang-orang yang punya inisiatif dan cukup berani mengambil tindakan, bisa mendapat peluang lebih baik.

Apakah perusahaan Anda besar atau kecil, baik atau buruk, ada beberapa hal yang  membuat Anda terikat, suka atau tidak.

Jadi, apa pun yang Anda lakukan, cobalah untuk tidak mengatakan salah satu dari delapan hal di atas di tempat kerja, jika masih ingin mendapat gaji dari tempat itu.