Jangan Takut Menangis [pushbackthedark]

Jangan Takut Menangis

PinkKorset.com – Meski merasa sedih, marah atau frustasi, menangis kerap dihindari sebagian orang. 

Menangis terlalu lama memang kerap membuat mata bengkak dan muka sembab.

Namun, ternyata ada manfaat lainnya dari aktivitas mengeluarkan air mata ini. Selain membuat lega dan mengurangi stres, menangis juga membawa kegunaan lain untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat menangis.

Membunuh bakteri

Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut ‘Lizosom’. Ketika air mata keluar selama 3-5 menit, artinya sebanyak 90-95% bakteri yang ada di dalam mata sudah dikeluarkan oleh cairan ‘Lisozom’. Itu sebabnya air mata sering disebut sebagai pembunuh bakteri alami .

Membantu penglihatan

Air mata ternyata dapat membantu daya penglihatan seseorang. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata, yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur. Tidak heran setelah menangis, pandangan terasa lebih jelas, bukan?

Mengeluarkan racun

Seorang ahli biokimia, William Frey melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun.Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

Memperbaiki suasana hati / mood

Menangis bisa juga membangkitkan suasana hati. Air mata yang keluar karena emosi manghasilkan 24% protein albumin yang berfungsi untuk mengatur metabolisme di dalam tubuh. Protein albumin yang keluar dari air mata ini juga lebih baik daripada air mata yang ditimbulkan karena iritasi.

Mengurangi stres

Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Tak heran, setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Pasalnya, setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar.

Riset menunjukkan bahwa 88,8% orang akan merasa lebih baik setelah menangis. Hanya 8,4% yang merasa lebih buruk.

Penyakit akibat stres seperti tekanan darah tinggi juga dapat ditekan levelnya dengan menangis.

—-

Nah, menangis tidak selalu tampak buruk bukan? Menangis juga memiliki manfaat untuk kesehatan psikis dan fisik. Hadapi saja hidup dengan lebih optimis.