Jaringan Apotek Raksasa AS Akhiri Penjualan Rokok Foto: wallstcheatsheet

Jaringan Apotek Raksasa AS Akhiri Penjualan Rokok

PinkKorset.com, Rhode Island –  Salah satu jaringan apotek besar di Amerika akan menghentikan penjualan semua jenis rokok dan produk tembakau mulai Oktober 2014. Langkah yang diapresiasi Barack Obama.

Gerakan anti rokok dan tembakau mulai disikapi serius oleh peritel AS. Jaringan toko CVS Caremark, yang memiliki lebih dari 7.100 toko mengatakan bahwa rokok dan produk tembakau tidak akan muncul lagi di outletnya.

Jaringan dengan omset penjualan tahunan sebesar US$56 miliar itu mengaku, menyudahi penjualan tembakau akan mengurangi pendapatan tahunannya sebesar US2 miliar. Namun, mereka berusaha menjadi penyedia layanan kesehatan yang lebih baik tanpa rokok dan tembakau.

Keputusan ini langsung mendapat apresiasi Presiden AS Barack Obama. Menurutnya, larangan penjualan tembakau di jaringan toko itu memberikan contoh positif dan turut memajukan kampanye pemerintahannya untuk mengurangi kematian terkait tembakau, kanker dan penyakit jantung.

“Tindakan perusahaan itu akan berdampak sangat positif pada kesehatan negara kita,” ujarnya.

Hampir 44 juta orang dewasa Amerika merokok secara teratur dengan 440 ribu kematian setiap tahunnya. Kendati jumlah perokok lebih rendah daripada negara lain, tetapi umumnya tidak berubah bahkan setelah kampanye anti-merokok bertahun-tahun yang dilakukan pemerintah.