Jokowi Masuk Daftar 50 Pemimpin Hebat Dunia Foto: fortune

Jokowi Masuk Daftar 50 Pemimpin Hebat Dunia

PinkKorset.com – Dunia internasional tampaknya terus merekam jejak langkah dan kiprah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Setelah masuk jajaran wali kota paling berpengaruh di dunia, lelaki yang akrab dipanggil Jokowi ini juga diakui sebagai salah satu dari 50 pemimpin Terhebat Dunia (World’s 50 Greatest Leader) versi majalah Fortune.

Jokowi berada di urutan ke-37 dari 50 nama tokoh dunia dalam Fortune edisi 7 April 2014. Hal ini berkat kiprahnya dalam memimpin Solo, Jawa Tengah saat masih menjadi wali kota dan kini sebagai gubernur Jakarta. Dia juga dinilai telah banyak melakukan perubahan, mulai dari tata ruang kota hingga masalah korupsi.

“Jokowi menata kota dan melawan korupsi. Ini menggetarkan masyarakat Indonesia yang lelah dengan status quo,” demikian tulis majalah itu. “Kini dia menjadi favorit untuk pemilihan presiden pada Juli 2014.”

Daftar yang dikeluarkan oleh Fortune ini menilai tak hanya tokoh politik namun juga atlet, selebritas hingga pemuka agama. Selain itu para tokoh di dunia teknologi seperti CEO Apple, YouTube dan Amazon juga masuk dalam daftar.

“Kami membedakan antara pemimpin dan orang yang dikagumi pengaruhnya, tapi bukan pemimpin transformatif. Memiliki perusahaan atau peran yang berpengaruh tidak masuk daftar ini, termasuk tokoh yang sudah meninggal seperti Nelson Mandela,” tulis keterangan.

Fortune meranking para tokoh dunia yang aktif berdasarkan penilaian jurnalis dan para ahli di bidangnya. “Kami menanyai para pemimpin tentang kandidat yang bagus dan menggabungkannya dengan pendapat jurnalis dan para ahli.”

Berikut 10 tokoh dunia paling hebat versi Fortune 2014:

  1. Paus Fransiskus
  2. Kanselir Jerman Angela Merkel
  3. CEO Ford Motor Co. Alan Mulally
  4. CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett
  5. Mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton
  6. Tokoh demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi
  7. Komandan tentara Amerika di Afghanistan, Jenderal Joe Dunford
  8. Vokalis U2 Bono
  9. Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama
  10. CEO Amazon.com Jeff Bezos