Jokowi Terpilih Presiden, IHSG Tembus Level 5000 [jokowidiary]

Jokowi Terpilih Presiden, IHSG Tembus Level 5000

PinkKorset.com, Jakarta – Terpilihnya calon presiden Joko Widodo menjadi Presiden RI periode 2014-2019 diperkirakan akan mengerek naik Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ke level 5.500.

President Director of Indo Premier Investment Management (IPIM), John D Item mengatakan, pencapaian level 5.500 tersebut pun tidak terlepas dari sentimen positif pasar yang mampu meningkatkan perputaran uang di pasar modal dan meningkatnya investasi asing maupun lokal.

“Jokowi menang (IHSG) mungkin ke 5.500. Sentimen pasar terhadap Jokowi memang cukup luar biasa,” kata John di Jakarta, Kamis (3/7/2014).

Menurutnya, pergerakan IHSG selama pekan-pekan awal pascapilpres masih fluktuatif dan itu merupakan hal yang wajar dalam perdagangan saham di pasar modal.

Namun, setelah pergerakan saham yang fluktuatif tersebut, terpilihnya Jokowi sebagai presiden, akan mendongkrak pergerakan indeks. “Hari pertama kedua masih naik turun tetapi setelah itu akan naik terus,” imbuhnya.

John memprediksi berdasarkan data historis. Saat pencalonan Jokowi sebagai capres dari PDI Perjuangan, pasar langsung merespons positif dan indeks menguat hingga 3,23% ke level 5.000an setelah sebelumnya bergerak di zona merah.