Kenyang dan Sehat Saat Puasa [astroawani]

Kenyang dan Sehat Saat Puasa

PinkKorset.com – Tak hanya mengenyangkan, makanan ini juga sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi selama puasa.

Selama berpuasa, tubuh akan mengalami proses detoksinasi. Saat proses ini sedang terjadi, ada baiknya Anda memberikan perhatian lebih terhadap asupan makanan dan minuman.

Dengan begitu manfaat kesehatan yang kita dapatkan dari berpuasa dapat Anda rasakan. Tak perlu berlebihan, yang penting gizi tercukupi. Salah satu cara memenuhi asupan gizi adalah mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti berikut ini.

Kacang Lentil

Meski kecil, kacang lentil kaya kandungan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, kalsium, natrium, zat besi, seng, mangan tembaga dan selenium. Kacang lentil juga mengandung vitamin B, serat, protein hingga 22,7%, air 10% dan karbohidrat 50% yang membuat Anda merasa kenyang.

Alpukat

Alpukat dikenal memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Buah ini juga memiliki kandungan potassium yang berperan mengontrol dan menstabilkan gula darah. Alpukat juga memiliki kandungan vitamin A, air, fosfor, vitamin C, karbohidrat dan lain-lain. Bosan dengan jus alpukat? Masukkan potongan alpukat ke dalam es buah untuk menu berbuka.

Apel

Buah apel memiliki banyak kandungan vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan vitamin C. Untuk mineral, buah apel memiliki kalsium, magnesium, potasium, zat besi dan zinc. Apel juga memiliki banyak serat yang akan mencegah rasa lapar.

Makanan Pedas

Cabai, paprika dan sebagainya memiliki kebaikan bagi kesehatan tubuh manusia. Pada cabai merah misalnya, terkandung vitamin C, karoten dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut berkhasiat mengatasi gejala sakit perut, sakit gigi, influenza bahkan meningkatkan nafsu makan. Sebagian orang berpendapat, rasa pedas membuat lebih cepat merasa kenyang.

Dark Chocolate

Sebuah penelitian menunjukkan, seseorang yang mengonsumsi dark chocolate sebelum makan akan mengurangi jumlah konsumsi kalori hingga 17%. Gantilah konsumsi milk chocolate dengan dark chocolate.

Telur

Telur mengandung protein sebanyak 12,8 gr, energi 162 kkal, vitamin A 900 IU, fosfor 180 mg dan lainnya. Protein membuat Anda kenyang dalam waktu lama. Untuk itulah kita disarankan mengonsumsi dua butir telur di pagi hari.

Kacang Tanah

Kacang tanah mengandung 27,9 gram protein, karbohidrat 17,4%, kalsium 315 mg, fosfor 456 mg dan lain-lain. Kacang tanah bisa Anda jadikan cemilan sehat. Bisa pula dicampurkan dalam beberapa menu makanan, seperti sayur asam.