Kesalahan Terbesar Saat Menggunakan Eyeliner Foto: dfrow

Kesalahan Terbesar Saat Menggunakan Eyeliner

PinkKorset.com, Jakarta – Menggunakan eyeliner mungkin bagian tersulit dari rutinitas merias diri.

Meski pemakaian yang tepat dapat membuat perbedaan yang cukup signifikan pada penampilan, Anda harus tahu cara yang benar dalam menggunakan eyeliner. Terutama karena beberapa hal yang biasa dilakukan dalam mengaplikasikan alat rias ini, tidak tepat.

Berikut kesalahan saat menggunakan eyeliner:

Menggunakan Eyeliner Berlebih Pada Bawah Mata

Mary Clarke, analis produk di laboratorium kecantikan Good Housekeeping Research Institute mengatakan, membubuhkan eyeliner terlalu tebal pada bagian bawah mata, terutama dengan warna gelap, akan membuat mata Anda terlihat lebih kecil. Selain menimbulkan noda-noda di bawah mata.

Jika Anda ingin mempertegas garis bawah mata, gunakan pensil tipis (light pencil), lalu aplikasikan eyeshadow cokelat muda atau abu-abu tua untuk memperhalus tampilan. Mary merekomendasikan pensil MAC Pro Longwear.

Posisi Merias Tidak Stabil, Hasil Tampak Bergerigi

Sangat menyebalkan bila harus berkali-kali menghapus gambar garis mata yang salah dengan make up remover, sebelum Anda mendapatkan riasan sempurna.

Penata rias Laura Geller mengatakan, untuk mendapatkan gambar yang lurus, hindari menarik garis dari luar sudut mata Anda. Karena hal ini dapat menyebabkan kulit berkerut dan garis yang Anda buat tidak mulus.

Ia pun menyarankan untuk mengangkat dagu dan lihat ke bawah, sehingga posisi mata setengah tertutup, namun Anda masih bisa melihat riasan Anda.

“Jika Anda menggunakan gel liner, aplikasikan eyeliner dengan sikat agak dimiringkan, untuk mendapat tampilan yang lebih halus. Anda juga dapat menggunakan pensil tipis untuk memberi panduan, sebelum menggunakan eyeliner.”

Hanya Menggunakan Eyeliner Hitam dan Cokelat

Sedikit eyeliner berwarna putih atau netral di bagian bawah mata, akan membuat penampilan Anda lebih segar. Caranya, pulaskan eyeliner tersebut secara perlahan di bawah mata Anda, tepatnya antara bulu mata bawah dan bagian dalam mata.

Tidak Tahu Beda Eyeliner Cair, Gel dan Pensil

Meskipun sama-sama eyeliner, ketiga jenis ini sangat berbeda. Menurut Carl Ray , makeup artist untuk Michelle Obama, eyeliner pensil sangat bermanfaat saat Anda terburu-buru, karena lebih cepat diterapkan dan tidak mudah luntur.

Sedangkan eyeliner gel memberikan tampilan yang lebih mengkilap, tahan air  dan memungkinkan mengatur ketebalan garis. Untuk eyeliner gel, produk Bobbi Brown Long-Wear Gel Eyeliner bisa mejadi pilihan.

Sementara eyeliner cair adalah jenis dengan tingkat lebih tinggi, memiliki aplikasi yang lebih akurat. Namun, Anda perlu benar-benar mencari posisi dandan yang stabil, bila tidak ingin berantakan.

Jika Anda seorang pemula yang mencoba riasan mata yang unik, seperti mata kucing atau sayap, sebaiknya pililh eyeliner gel, bukan cair.

Penata rias Sonia Kashuk mengatakan, eyeliner cair adalah produk yang memberi garis dengan kesan tegas dan kuat. “Pigmentasinya yang intens menciptakan garis bulu mata yang tegas. Dan dengan mengatur ketebalan garis, Anda dapat membuat berbagai penampilan. ”

Tidak Mengkoreksi Noda Eyeliner

Penggunaan eyeliner memang tidak selalu sempurna. Namun, jangan abaikan kesalahan yang muncul. Untuk  menyamarkan noda atau garis eyeliner yang bergerigi, buat garis dengan pensil atau kuas kecil. Lalu ikuti garis menggunakan eyeshadow dengan warna sesuai.

Untuk membuat eyeshadow tahan lebih lama, basahi sikat eyeshadow dengan sedikit obat tetes mata. Demikian menurut Jo Davis, direktur artistik untuk Trucco Cosmetics.