Ketika Anak-anak Ingin Jadi Orang Kaya [fashionbelief]

Ketika Anak-anak Ingin Jadi Orang Kaya

PinkKorset.com, London – Menjadi orang kaya memang bisa mempermudah hidup, namun kaya raya bukan berarti bahagia.

Tidak ada yang salah memang ketika anak-anak memiliki cita-cita menjadi orang kaya atau orang yang sukses dalam pekerjaan di kemudian hari. Namun, bagaimana jika mereka berpikir kaya raya adalah satu-satunya cara untuk bahagia?

Menurut hasil polling terbaru, 22% anak-anak di Inggris berusia 5 tahun hingga 10 tahun mengatakan bahwa mereka ‘hanya ingin menjadi kaya’, ketika ditanya cita-cita mereka setelah tumbuh dewasa. Sementara 19% anak-anak mengaku ingin ‘menjadi terkenal’.

Jawaban yang lebih tradisional seperti polisi, dokter, dan dokter hewan masih berada di sepuluh besar. Namun, mengejar ketenaran dan kekayaan tampaknya menjadi hal terpenting dalam pikiran mereka.

Para peneliti mencurigai pengaruh media yang mengeksploitasi gaya hidup selebritas yang dimudahkan oleh kekayaan, membentuk pola pikir anak. Terutama melihat sebanyak 6% anak-anak menjawab ‘tidak ingin bekerja’ sebagai cita-citanya.

Fakta ini semakin diperparah dengan pernyataan 51% orangtua yang memaparkan bahwa anak-anak mereka tidak memiliki prospek karier yang bagus.Lalu, sebanyak 32% orangtua mengaku bahwa anak mereka tak cukup pintar dan 27% lainnya merasa anak mereka tak memiliki semangat belajar yang tinggi.

Jajak pendapat ini dilakukan situs diskon VoucherCodesPro.co.uk., terhadap 1.338 orang tua yang memiliki anak-anak berusia antara lima dan 10 tahun. Para orang tua ini diminta memberi anak-anak mereka pertanyaan: “‘Apa cita-cita kamu ketika tumbuh dewasa?'”

Mereka diminta untuk tidak menunjukkan daftar jawaban kepada anak-anak, melainkan menunggu apa yang dikatakan anak-anak. Jawaban ini kemudian dicocokkan dengan daftar yang disediakan atau memilih opsi ‘lainnya’ dan mengisi jawaban yang disebutkan. Orangtua bisa memasukkan lebih dari satu jawaban.

Orang tua juga diminta menanyakan apakah anak-anak mereka pikir uang bisa membeli kebahagiaan. Tiga perempat (75%) dari anak-anak berkata ‘ya’.

Ketika anak-anak mereka ditanya jumlah uang yang nyaman bagi mereka dalam setahun ketika mereka dewasa, jawaban paling umum adalah 1 juta poundsterling atau Rp19,7 miliar per tahun.

George Charles, juru bicara VoucherCodesPro.co.uk, yang melakukan penelitian itu, mengatakan fakta bahwa pola pikir 6 persen dari anak-anak yang tidak ingin bekerja ketika dewasa, sangat memalukan.

“Meskipun jarang ada, anak usia lima hingga sepuluh tahun benar-benar tahu cita-cita mereka sesungguhnya, cara pikir bahwa mereka tidak ingin bekerja sama sekali, menurunkan budaya Inggris.”

Kendati demikian, George menilai, keinginan sebagian besar anak untuk menjadi orang kaya cukup menjanjikan.

“Mereka hanya perlu dorongan yang tepat dan pendidikan yang baik untuk mengatur fondasi bagi masa depan yang cemerlang cerah. Sehingga penghasilan jutaan poundsterling yang mereka inginkan bisa dicapai.”