WHO Khawatirkan Epidemi Ebola Kian Meluas [slate]

WHO Khawatirkan Epidemi Ebola Kian Meluas

PinkKorset.com – Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, 20 ribu jiwa di Afrika Barat bakal terpengaruh merebaknya virus Ebola.

Peringatan WHO itu disertai perkiraan dana sekitar setengah miliar dolar untuk mengatasi epidemi tersebut sebelum memburuk. Badan PBB itu sedang sibuk mencari cara mengatasi penyebaran virus.

Sementara perusahaan obat-obatan terkemuka, GlaxoSmithKline sedang menguji vaksin Ebola dan memperkirakan produksi hingga 10 ribu dosis untuk pasokan darurat. Itu akan terjadi jika jasil ujinya bagus.

WHO memprediksikan, butuh sekitar 6-9 bulan untuk mengatasi epidemi Ebola di Afrika Barat. Hingga 29 Agustus 2014, 3.069 kasus Ebola telah dilaporkan. Menurut WHO, jumlah sebenarnya bisa 2-4 kali lipat di Guinea, Sierra Leone, Liberia dan Nigeria.

Dengan resiko kematian sekitar 52%, jumlah kematian per 26 Agustus 2014 adalah 1.552 jiwa. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi sejak Ebola ditemukan di Republik Kongo pada 1976 lalu.

Jumlah itu tidak termasuk merebaknya Ebola pada akhir pekan ini di Kongo, yang diidentifikasikan sebagai rantai virus berbeda. Awal Agustus, WHO menyebut epidemi Ebola ini sebagai international health emergency.