Kisah Mengharukan di Balik Ice Bucket Challenge [youtube/anthonycarbajal]

Kisah Mengharukan di Balik Ice Bucket Challenge

PinkKorset.com – Beberapa melakukan Ice Bucket Challenge demi tren dan bergembira. Tapi tidak dengan Anthony Carbajal, yang memiliki misi mengharukan.

Tren Ice Bucket Challenge dilakukan untuk menggugah masyarakat agar mengetahui lebih dalam tentang penyakit Lou Gehrig Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Sebab itulah namanya ALS Ice Bucket Challenge.

Anthony yang berusia 26 tahun, baru didiagnosis mengidapnya sekitar lima bulan lalu. Fotografer muda ini mengaku amat takut dengan ALS, hingga ia menitikkan air mata dan mengharukan semua yang melihatnya.

“ALS sangat, sangat menakutkan. Mungkin itu sebabnya tak ada yang mau membicarakannya. Tak ada yang mau melihat orang depresi sedang sekarat,” katanya, dengan mata merah usai menangis.

Penyakit yang diidap si jenius Stephen Hawking ini diturunkan di keluarga Anthony. Mulai dari neneknya, ibunya, dan sekarang dia mengidapnya. Perlahan tapi pasti, Anthony akan lumpuh.

“Pada akhirnya saya takkan lagi bisa berjalan, berbicara, dan bernapas sendiri,” papar Anthony yang terpaksa berhenti bekerja karena tangannya mulai melemah. Ia kesulitan mengancing kemejanya sendiri dan memutar kunci mobil.

Menurut laman pendanaan YouCaring miliknya, Anthony yang baru bertunangan dengan kekasihnya dan akan menikah November ini, ia sudah menerima donasi hingga US$100 ribu.

Jika Anda membenci tantangan ice bucket atau menganggapnya angin sesaat yang tak lebih penting ketimbang orang ramai-ramai menyanyikan Let It Go dari film animasi Disney Frozen, dengarkan kata Anthony ini.

“Kalian tak tahu bahwa setiap tantangan membantu mengurangi rasa takut saya, menghilangkan rasa takut penderita ALS. Anda membuat perubahan dan saya sangat berterima kasih,” katanya.