Kompak Jaga Lingkungan Demi Jantung Sehat [wonderwoman.intoday]

Kompak Jaga Lingkungan Demi Jantung Sehat

PinkKorset.com – Hari Jantung Sedunia yang diperingati setiap 29 September kali ini, mengangkat tema lingkungan hidup yang mendukung kesehatan jantung.

Sejak 2000, World Heart Federation (WHF) mencangkan Hari Jantung Sedunia, dengan tujuan menyebarkan informasi mengenai penyakit kardiovaskuler seperti jantung dan stroke adalah penyebab kematian nomor satu.

Setiap tahun, menurut data mereka, sekitar 17,3 juta orang meninggal akibat penyakit kardiovaskuler. Maka peringatan tahunan Hari Jantung Sedunia pun diusung dengan tema berbeda, sesuai isu-isu pokok dan topik berkaitan.

Tahun ini, temanya heart-healthy environments alias lingkungan yang mendukung kesehatan jantung. WHF hendak menyampaikan, paling tidak 80% dari kematian dini akibat penyakit kardiovaskuler sebenarnya dapat dicegah.

Yakni bila empat faktor risiko utamanya – merokok, mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, kurang aktivitas fisik dan konsumsi berlebihan minuman beralkohol – dapat dikendalikan.

Tema heart-healthy environments dimaksudkan agar tempat tinggal, bekerja dan bermain kita seharusnya tidak meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Alasannya cukup masuk akal.

Seringkali, kita tak dapat memilih untuk menjalankan ‘pola hidup jantung sehat’ karena faktor lingkungan. Mulai dari perokok yang egois hingga tak ada makanan sehat yang tersedia.

Sebab itulah Yayasan Jantung Indonesia (YJI) mengajak semua lapisan masyarakat dalam suatu gerakan menciptakan lingkungan yang menopang gaya hidup jantung sehat, di manapun kita tinggal, bekerja maupun bermain.

Sejumlah kegiatan digelar YJI untuk memperingati Hari Jantung Sedunia kali ini, yang telah dilaksanakan saat car free day di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta. Selain itu juga ada pemeriksaan kesehatan gratis.

Mobil Van kesehatan YJI akan berkeliling di wilayah Jabodetabek pada lokasi-lokasi seperti mal, perkantoran dan tempat umum lainnya. Masyarakat dapat memeriksakan kesehatan secara gratis.

Selain itu, masyarakat juga akan diminta untuk menyatakan dukungannya untuk hidup sehat dengan mengikuti foto booth yang akan diungguh ke media sosial.