Konsumsi Tanah Liat Baik Untuk Tubuh? Foto: shailene woodley

Konsumsi Tanah Liat Baik Untuk Tubuh?

PinkKorset.com – Tanah liat yang biasanya digunakan untuk membuat tembikar, ternyata dapat dikonsumsi karena menyehatkan tubuh. Benarkah?

Aktris Shailene Woodley mengklaim, mengkonsumsi tanah liat setiap hari merupakan salah satu hal sehat untuk dilakukan. Perempuan yang  berperan sebagai anak perempuan George Clooney di film Descendants ini mengatakan tanah liat adalah salah satu hal paling sehat yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh.

Dalam sebuah talkshow, perempuan berusian 22 tahun ini mengaku menelan tanah liat sebagai bagian dari diet detoksifikasi . “Tanah liat mengikat bahan lain di dalam tubuh dan membantu tubuh Anda mengeluarkan bahan-bahan yang belum tentu baik untuk Anda, “katanya.

Lebih lanjut, Shailene dalam blog ‘Into The Gloss’ menceritakan bahwa temannya mulai makan tanah liat dan keesokan harinya mengatakan padanya, bahwa BAB-nya berbau seperti logam.

“Dia benar-benar khawatir , tapi kami melakukan riset bersama-sama dan semuanya mengatakan bahwa ketika Anda pertama kali mulai makan tanah liat, BAB, air seni bahkan aroma tubuh Anda akan berbau seperti logam.”

Shailene tampaknya merujuk pada keyakinan bahwa suatu zat dari tanah liat, dengan muatan listrik negatifnya, dapat membantu meluruhkan racun bermuatan positif dari tubuh.

Rick Wilson, direktur nutrisi dan diet Rumah Sakit Kings College, Inggris mengatakan, memakan tanah liat biasanya dalam bentuk tablet, umum dilakukan di sejumlah daerah di Afrika dan Timur Tengah.

Alasan yang dikemukakan pada umumnya adalah karena kekurangan seng. Bahkan kaolin, yang terbuat dari tanah liat putih, dijual apotik untuk mengatasi diare.

Sarah Jarvis dari acara ‘Jeremy Vine’ menambahkan, ibu hamil juga ada mengidam tanah liat, debu, dan arang jika tubuh mereka kekurangan mineral penting.

Yang perlu diperhatikan adalah tanah liat yang dimakan harus memenuhi persyaratan sebagai makanan, karena hal ini kemungkinan dapat mengandung arsenikum dan timah.

Paul Mackey, pemilik ‘Natures Cleansing Clay’ mengatakan, manfaat dari detoksifikasi tubuh dengan tanah liat sangat menakjubkan.

Selain membangun sistem kekebalan tubuh, menyeimbangkan tingkat PH dan memungkinkan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri secara alami, konsumsi tanah liat juga mampu melawan penyakit masa depan.  Paul menyarankan untuk mengkonsumis tanah liat yang dicampur dengan air.

Namun, sebelum Anda mulai mengunyak kendi atau mug yang terbuat dari tembikar, ada ahli lain yang meragukan manfaat tanah liat untuk tubuh.

Dr David L Katz mengatakan bahwa konsep muatan negatif dari tanah liat tidak berguna bagi tubuh.

Menurutnya, menghilangkan logam dari tubuh belum tentu baik. Besi, misalnya, adalah logam dan sangat penting untuk kesehatan. Jadi mungkin ada manfaat, tetapi secara bersamaan juga merugikan.”

So? Ingin mencoba atau menunggu hasil riset ilmuwan dulu?