Kopi Tingkatkan Daya Ingat? Foto: Google

Kopi Tingkatkan Daya Ingat?

PinkKorset.com, Jakarta – Kopi dikatakan memiliki manfaat untuk mempertajam daya ingat. Benarkah?

Menurut hasil penelitian Nature Neuroscience, minum 200 miligram kafein atau setara dengan dua gelas kecil kopi bisa membantu meningkatkan daya ingat.

Penelitian dilakukan terhadap beberapa orang yang tidak mengkonsumsi kafein secara teratur. Mereka diharuskan menghafal gambar yang sudah mereka pilih, selanjutnya mereka diberikan pil kafein atau pil plasebo.

Keesokan harinya, mereka diminta memilih gambar yang berbeda dari gambar yang sudah dipilih sebelumnya. Gambar-gambar tersebut mirip, sehingga para peserta harus berusaha keras mengingatnya.

Hasilnya, mereka yang sudah mengonsumsi pil kafein berhasil mengingat lebih baik. Menurut Michael Yassa, penulis dari penelitian tersebut kafein berpengaruh untuk meningkatkan daya ingat.

“Kita semua sudah mengetahui bahwa kafein memiliki efek kognitif,” ujarnya.

Tapi, kata Yassa, tetapi efek tertentu seperti membantu menguatkan daya ingat dan mengurangi lupa, belum pernah diteliti pada manusia. Mereka melaporkan, efek kafein berpengaruh mengurangi lupa pada ingatan manusia.

“Daya ingat tajam yang dipengaruhi kafein yang dikonsumsi peserta dalam tes ini menunjukkan, mungkin saja dampak kafein seperti rasa cemas, energi dan perhatian, dihilangkan,” lanjutnya.

Peneliti kini masih mencari tahu hubungan antara kafein dengan perlindungan terhadap daya ingat agar terhindar dari penyakit yang menyerang ingatan seperti Alzheimer.

Namun, meski kafein berguna untuk meningkatkan daya ingat, tetap saja mengonsumsi kafein secara berlebihan tidak memberikan efek yang sama seperti saat mengkonsumsi 200 miligram kafein.