Kosmetik SPF VS Tabir Surya [skincancer.org]

Kosmetik SPF VS Tabir Surya

PinkKorset.com – Meski sama-sama dibuat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, faktanya, produk ber-SPF dan tabir surya memiliki tingkat manfaat yang berbeda.

Hampir seluruh produk kosmetik yang beredar saat ini memiliki kandungan sun protection factor (SPF), meski jumlahnya berbeda-beda. Mulai dari foundation, bedak, bb cream, bronzer, lotion tubuh hingga lip balm dilengkapi SPF.

Ini membuat banyak orang memilih produk kosmetik ber-SPF tersebut tanpa mengoleskan tabir surya terlebih dahulu. Alasannya, produk tersebut dianggap cukup untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Padahal, meski sudah memiliki produk kosmetik ber-SPF, Anda tetap diharuskan untuk mengoleskan tabir surya terlebih dahulu. Sebagaimana dijelaskan Dr. Ava Shamban, dermatologis sekaligus penulis buku Heal Your Skin.

“Tak ada jaminan pasti bahwa kulit Anda akan terlindungi sesuai jumlah kandungan SPF di produk tersebut,” ujarnya.

Ini karena, menurut Ava, takaran SPF di dalam sebuah produk kosmetik ditentukan dari hasil uji otoritas terkait. Artinya, kandungan SPF 30 dalam suatu produk berarti SPF 30 yang sesuai dengan definisi otoritas tersebut.

Alasan lainnya kemudian dikemukakan Dr. Heidi A Waldrof, Ketua Laser dan Kosmetik Dermatologi di Mount Sinai Medical Center yang menyebutkan perlunya penggunaan tabir surya di samping produk kosmetik ber-SPF.

Sebab, orang cenderung terbiasa menggunakan produk ber-SPF hanya di bagian wajah. Tidak menjangkau telinga, leher dan decolletage atau area diantara pangkal leher dan atas dada.

“Selain itu, penggunaan SPF harus dilakukan berulang-ulang agar perlindungan kulit wajah tetap terjaga,” paparnya.

Kedua dermatologis tersebut menyarankan penggunaan sunblock atau tabir surya setiap dua jam sekali saat beraktivitas di luar ruangan atau secepatnya setelah kulit basah.

Cara terbaik melindungi kulit terutama wajah, menurut keduanya, adalah dengan menggunakan tabir surya serta makeup dengan kandungan SPF paling tinggi. Gunakan setiap hari, meski cuaca mendung atau dingin.

Efek tabir surya takkan menghilang meski Anda mengoleskan produk kosmetik di atasnya. Jangan lupa gunakan tabir surya, Pinkers!