Kota Dengan Kinerja Terbaik di Kawasan Asia Shenzen, Tiongkok [hoca]

Kota Dengan Kinerja Terbaik di Kawasan Asia

PinkKorset.com – Kota-kota di kawasan Asia mendapat penilaian soal kinerjanya. Mana yang terbaik?

Shenzhen, kota yang berada di Selatan Tiongkok ternyata berada di urutan teratas untuk kota di Asia yang memiliki kinerja terbaik.

Penilaian ini dilakukan perusahaan riset ekonomi kelas dunia, Milken Institute yang meneliti kota-kota di kawasan Asia, terkait penciptaan lapangan pekerjaan, penciptaan pendapatan dan nilai ekonomi industri.

Kepala Penelitian Milken Institute, Ross Devol mengatakan, Shenzhen semula adalah kota modern yang menerapkan ekonomi khusus yang mempekerjakan puluhan ribu orang untuk memproduksi iPhone untuk Apple dan merakit beberapa komponen elektronik untuk beberapa perusahaan lainnya.

“Namun kemudian akhir-akhir ini kota tersebut mengalami pertumbuhan yang cepat dipicu oleh tingginya nilai tambah yang didapat dari kota tersebut,” ujarnya seperti dikutip dari CNBC, Minggu (21/9/2014).

Dari 10 besar kota berkinerja terbaik, enam di antaranya berada di Tiongkok, yakni Guangzhou, Chengdu, Tianjin, Beijing dan Shanghai.

Sementara Delhi, India memempati peringkat ke lima, Kuala Lumpur, Malaysia menempati posisi keenam, Singapura menempati posisi ke delapan dan Ho Chi Minh, Vietnam menempati peringkat ke sembilan.