Kota-kota di Indonesia Yang Nyaman Ditinggali [google]

Kota-kota di Indonesia Yang Nyaman Ditinggali

PinkKorset.com, Jakarta – Beberapa kota di Indonesia dinilai cukup nyaman untuk ditinggali. Mana saja?

Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) meliris daftar kota di Indonesia yang dianggap nyaman untuk ditinggali atau Indonesian Most Livable City Index 2014.

Dari survei yang dilakukan IAP tersebut, ada tujuh kota yang memiliki nilai di atas rata-rata dan dianggap nyaman ditinggali.

“Kota Balikpapan secara signifikan berada di atas rata-rata nasional untuk aspek tata kota dan pengelolaan lingkungan dibandingkan dengan kota lain,” ujar Ketua Umum IAP Indonesia Bernardus Djonoputro, di Jakarta, Senin (11/8/2014).

Menurutnya, penentuan kota nyaman ini berdasarkan 27 indikator yang ditentukan sebelumnya. Ia menggunakan 1000 orang responden di berbagai daerah di Indonesia dalam survei yang dilaksanakan pada 2014 ini.

Dengan margin of error sebesar 2 persen, indeks tersebut tidak dimaksudkan untuk melakukan pemeringkatan kota yang lebih baik, tetapi untuk mengukur kualitas kehidupan warga kota dan dimaksudkan untuk melakukan identifikasi awal faktor-faktor kritis pembangunan pada tiap-tiap kota berdasarkan persepsi warga.

Berikut tujuh kota di Indonesia yang dianggap paling nyaman untuk ditinggali:
1. Balikpapan
2. Solo
3. Malang
4. Yogyakarta
5. Makassar
6. Palembang
7. Bandung

Apakah kota tempat tinggal Anda termasuk?