Kurang Tidur Bahayakan Otak [google]

Kurang Tidur Bahayakan Otak

PinkKorset.com – Pernah merasa seperti kena pukulan di kepala ketika sedang kurang tidur. Menurut ilmuwan, memang benar seperti itu.

Sebuah riset membuktikan, kurang tidur semalam saja menyebabkan perubahan di otak anda persis seperti ketika kena pukulan. Periset menyatakan, efek ini terjadi sekalipun anda muda dan sehat.

Profesor Christian Benedict dari Uppsala University Swedia menjelaskan, zat kimia NSE dan S-100B adalah penanda biologis untuk kerusakan otak, misalnya gegar otak.

“Level zat tersebut di dalam darah meningkat ketika seseorang kekurangan tidur semalam. Belum sebesar ketika anda mengalami cedera otak, tapi cukup signifikan,” katanya.

Ketika anda tidur, otak membersihkan kandungan-kandungan toksin. Level NSE dan S-100B juga meningkat ketika terjadi kenaikan substansi toksin tersebut. Temuan ini memastikan bahwa tidur memang ‘membersihkan’ otak.

Profesor Benedict juga menyatakan, studi itu berhubungan dengan riset sebelumnya mengenai resiko kurang tidur terhadap Alzheimer, Parkinson, dan multiple sklerosis.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kenaikan dua bahan kimia itu di dalam darah dalam kondisi kekurangan tidur juga bisa dikatakan bahwa kurang tidur bisa menyebabkan hilangnya sel otak.

“Kesimpulan riset kami, tidur malam yang cukup merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan otak,” ujar peneliti yang hasil risetnya ini juga dimuat di jurnal Sleep.

Banyak ilmuwan meyakini, pola tidur tak teratur menyebabkan resiko berbagai penyakit seperti gangguan tidur. Tidur kurang dari delapan jam selamam juga dikatakan bisa menurunkan IQ esok harinya.