WHO: Kurangi Asupan Gula Harian! Foto: consciouslifenews

WHO: Kurangi Asupan Gula Harian!

PinkKorset.com, Jenewa – Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau untuk mengurangi asupan gula harian hingga setengahnya untuk memerangi masalah seperti obesitas dan kerusakan gigi.

Badan kesehatan PBB ini berupaya meneruskan imbauan yang mereka sampaikan sejak 2002. Yakni asupan gula harian harusnya tak sampai 10% dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Memangkas konsumsi gula harian ke 5% dari total asupan energi untuk tubuh orang dewasa, berdasarkan pengukuran indeks massa tubuh (bmi), berarti tak lebih dari enam sendok teh per hari.

“Konsumsi gula yang tinggi mengkhawatirkan. Sebab kualitas diet jadi rendah, obesitas, serta risiko penyakit lainnya,” demikian WHO dalam guidelines yang mereka tulis.

Setidaknya 2,8 juta orang meninggal setiap tahunnya karena kelebihan berat badan atau obesitas. Ini belum termasuk persentase tinggi akibat diabetes, penyakit jantung, dan kanker karena kelebihan berat badan.

WHO juga mencatat, lebih dari 40 juta anak-anak balita mengalami masalah kelebihan berat badan. Kerusakan gigi juga merupakan masalah kesehatan yang mahal untuk diatasi.

Sebagian besar gula yang dikonsumsi ‘tersembunyi’ dalam makanan proses yang rasanya bahkan tak sekalipun manis. WHO memperingatkan, satu kaleng minuman ringan mengandung sekitar 40 gram atau setara 10 sendok teh gula.