Langkah Mudah Turunkan Berat Badan Foto: Google

Langkah Mudah Turunkan Berat Badan

PinkKorset.com, Jakarta – Siapa bilang Anda harus berdiet untuk menurunkan berat badan? Ada cara sederhana untuk melakukannya.

Untuk menurunkan berat badan, Anda biasanya butuh melakukan olahraga, pengaturan pola makan bahkan dengan melakukan berbagai terapi khusus seperti akupuntur dan lain-lain.

Sebenarnya ada langkah-langkah mudah yang dapat membantu menurunkan berat badan seperti berikut ini.

Selalu minum segelas air sebelum makan. Ini dapat membantu Anda menghindari makan berlebih karena tubuh akan merasa kenyang saat meminum segelas air.

Buat beberapa pilihan makanan. Pilih makanan yang memiliki jumlah kalori lebih rendah dibanding yang lain, misal ketika terdapat pilihan makanan daging dan sayuran, pilih sayuran sebagai lauk pauk. Atau ketika berada dalam pilihan makanan dalam kaleng dengan makanan segar, maka jauh lebih baik jika mengonsumsi makanan segar.

Konsumsi dark chocolate dibanding makanan manis. Dark chocolate memang terasa lebih pahit dibanding jenis cokelat susu atau cokelat lainnya. Namun mengonsumsi dark chocolate sebagai dessert membuat rasa candu Anda terhadap makanan manis berkurang secara perlahan-lahan. Anda ingat kan jika makanan manis dapat membuat tubuh menjadi lebih gemuk?

Atur porsi makan. Ambil porsi secukupnya saat jam makan tiba, jangan hiraukan keinginan makan karena keinginan tak sesuai dengan volume lambung Anda. Hal ini juga berlaku saat Anda mengunyah cemilan, tempatkan cemilan di atas piring kecil dan simpan sisa cemilan Anda untuk dikonsumsi keesokan harinya.

Banyak bergerak, meski sudah melakukan workout atau olahraga setiap hari. Bergerak membuat kalori dalam tubuh dapat terbakar menjadi energi. Lakukanlah gerakan-gerakan seperti berjalan menggunakan tangga darurat dibanding menggunakan lift.

Jangan minum minuman berkalori. Minuman bersoda, jus di pagi hari menjadi minuman berkalori tak membantu menurunkan berat badan. Jika ingin minuman yang memiliki rasa, campurkan potongan lemon, mentimun atau daun mint segar ke dalam air putih Anda.

Jangan menahan lapar terlalu lama. Jika menahan terlalu lama, secara tak sadar Anda akan makan membabi buta untuk memuaskan rasa lapar. Untuk itu, atur pola makan dengan teratur, hal ini juga membantu mencegah dari penyakit maag.

Pilih cemilan tinggi protein dan serat karena bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mencegah kenaikan berat badan. Konsumsi cemilan seperti biskuit gandum atau fruitbar.

Makan malam lebih awal. Waktu makan malam yang baik adalah dua sampai tiga jam sebelum tidur. Jangan lupa untuk perhatikan kalori pada makan malam Anda, usahakan hanya 25% dari asupan kalori harian.

Usahakan lebih banyak waktu tidur. Kurang tidur menyebabkan Anda makan lebih banyak sepanjang hari dan tak memiliki banyak energi untuk melakukan latihan. Jadi, tidur tujuh jam sehari membantu menjaga berat badan.