Langkah Tepat Atasi Dompet Hilang Foto: yahoo

Langkah Tepat Atasi Dompet Hilang

PinkKorset.com, Jakarta – Bila membuka tas dan ternyata dompet Anda raib, jangan keburu panik dan frustasi.

Dompet mungkin segalanya bagi Anda. Tidak hanya berisikan uang, dompet juga menyimpan kartu identitas, kartu asuransi, kartu kredit dan mungkin benda penting lainnya.

Tapi dalam keadaan darurat, penting menyadari langkah-langkah yang tepat untuk dilakukan ketika dompet Anda hilang.

Sebab, masalah terbesar bukan fakta bahwa uang Anda hilang, tetapi proses panjang yang harus dilalui untuk penggantian kartu dan melindungi identitas.

Berikut adalah lima hal yang harus dilakukan ketika dompet Anda hilang.

Pastikan Dompet Anda Dicuri Atau Tercecer

Pernahkah mengalami stres karena berpikir dompet Anda dicuri, tapi kemudian ditemukan tercecer di tempat lain? Jangan khawatir, banyak perempuan yang mengalaminya. Oleh karena itu, sebelum berprasangka buruk, hal pertama yang harus dilakukan ketika dompet Anda hilang adalah mempertimbangkan faktor lupa sebagai penyebabnya.

Buat Daftar Apa Saja yang Hilang

Setelah yakin bahwa dompet Anda dicuri, ketimbang memikirkan peristiwa pencurian tersebut, lebih baik mencoba mengingat segala barang yang ada dalam dompet Anda. Pikirkan dokumen penting, kartu kredit dan tulis semuanya. Daftar ini akan memberikan sebuah rencana tindakan, yang bisa Anda ikuti untuk mengembalikan segala sesuatu yang hilang.

Bekukan Akun Bank Anda

Ketika menyadari bahwa dompet Anda ada di tangan orang asing, penting untuk menghubungi bank Anda dan melakukan pemblokiran kartu kredit dan debit. Inilah pentingnya menyimpan nomor hotline bank, nomor rekening tabungan dan nomor kartu kredit yang Anda miliki, setidaknya di ponsel.

Bagian layanan pelanggan akan membekukan akun Anda dan membantu mengetahui apakah kartu kredit atau kartu debit Anda sudah digunakan orang lain.

Sebagian besar bank tidak meminta tanggung jawab atas biaya yang tidak Anda lakukan. Oleh karena itu, penting menginformasikan bank tentang kondisi akun Anda. Hal ini mencegah Anda membayar sesuatu yang tidak Anda beli.

Lapor ke Polisi Sektor Terdekat

Laporan kehilangan ke pihak kepolisian, memang tidak akan mengembalikan barang-barang Anda. Namun, laporan ini  bisa menjadi dasar klaim, bila ternyata ada yang sempat melakukan transaksi dengan kartu debit atau kartu kredit, atau bahkan melakukan pencurian identitas alias phising.

Bila KTP, SIM dan STNK di dompet ikut hilang, lapor ke Polsek setempat dan minta tiga Surat Keterangan Hilang (SKH) sekaligus. Di satu surat dicantumkan keterangan KTP yang hilang, dan dua surat lagi dicantumkan keterangan masing-masing SIM dan STNK yang hilang.

Pengurusan tiga kartu ini mengharuskan adanya SKH asli sebagai bagian dari persyaratan. Saat mengurus KTP hilang, SKH harus diberikan ke kelurahan setempat. Demikian pula SKH SIM, akan ditahan oleh Polda setempat. Sementara untuk mengurus STNK hilang, SKH akan ditahan Samsat setempat.

Demi kepraktisan, tiga SKH akan sangat membantu mengurus tiga kartu yang hilang ini.

Urus Pembuatan Kartu Baru

Setelah memperoleh surat kehilangan dari pihak polisi, segera urus KTP Anda. Ini penting karena KTP saat ini bersifat nasional dan menjadi dasar untuk berbagai keperluan, seperti membuat SIM, STNK, kartu bank, kartu asuransi dan sebagainya.

Setelah KTP baru sudah di tangan, Anda bisa mengurus pembuatan SIM, STNK dan kartu bank lainnya. Sistem perbankan saat ini mempermudah, karena bank tidak memerlukan surat kehilangan dari polisi untuk membuat kartu bank yang baru.