Lima Cara Rayakan Kemerdekaan RI [google]

Lima Cara Rayakan Kemerdekaan RI

PinkKorset.com – Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk merayakan kemerdekaan tanah air yang tahun ini mencapai usia ke-69.

Berikut lima cara yang bisa Anda lakukan untuk hari spesial ini.

Mengibarkan Bendera dan Memasang Umbul-umbul

Setiap rumah, kantor atau instansi di Indonesia selalu mengibarkan bendera merah putih sepekan hingga dua pekan menjelang perayaan kemerdekaan RI. Untuk meramaikan suasana, umbul-umbul pun kerap dipasang di sepanjang jalan dan sekeliling gedung.

Menjelang 17 Agustus, para pedagang bendera musiman pun bermunculan untuk menjajakan dagangannya. Bendera berbagai ukuran, tidak hanya merah putih namun juga bendera warna-warni untuk keperluan dekorasi.

Upacara Bendera

Pada pagi hari 17 Agustus, banyak siswa dan pejabat pemerintah bergabung upacara menaikkan bendera merah dan putih. Sementara upacara pengibaran bendera resmi berlangsung di Istana Negara, dengan pasukan pengibar khusus yang disebut Paskibraka.

Jet tempur dari Angkatan Udara Indonesia akan tampilannya melalui langit di atas istana sebelum bendera mencapai tiang penuh. Acara ini biasnanya juga disiarkan secara langsung di saluran televisi lokal.

Berbagai Macam Perlombaan

Hal yang paling ditunggu-tunggu pada hari raya kemerdekaan adalah aneka perlombaan. Kompetisi yang dilakukan di tiap kelurahan, sekolah bahkan instansi bisa bermacam-macam sesuai kreativitas, dari yang tradisional hingga modern.

Sebut saja lomba makan krupuk, lari kelereng, tarik tambang, panjat pinang, balap karung, pawai kendaraan, hingga lomba memasak, lomba desain pakaian, sepak bola  dengan daster dan lainnya.

Tujuan dari acara ini tidak lain adalah merayakan pesta kemerdekaan dalam suasana kebersamaan dan kekakraban.

Memutar Film Bersejarah  

Film sejarah biasa diputar kembali untuk membuka wawasan, membangkitkan kebanggaan nasional dan patriotisme. Misalkan saja film “Soekarno”, yang menceritakan perjalanan hidupnya hingga Sang Proklamator ini menyatakan kemerdekaan Indonesia.

Lalu film lawas “Tjoet Nja ‘Dhien” tentang pahlawan dari Aceh yang berjuang untuk kemerdekaan dari Belanda.

Napak Tilas

Bagi pecinta sejarah, Anda dapat menelusuri jejak kemerdekaan Indonesia. Hampir semua kota memiliki tempat bersejarah. Salah satunya Jakarta, yang merupakan kota penting masa kemerdekaan.

Anda bisa berkunjung ke Tugu Proklamasi, di mana deklarasi kemerdekaan dibacakan untuk pertama kalinya oleh Soekarno.

Kemudian ke berbagai museum terkait sejarah kemerdekaan RI. Seperti Museum Perjuangan, yang berisi barang-barang milik tokoh paling penting Indonesia selama perjuangan kemerdekaan.

Lalu Museum Perumusan Naskah Proklamasi, yang menampilkan informasi tentang bagaimana proklamasi kemerdekaan dirancang.

Baca juga:

Asyiknya Promo dan Diskon 17 Agustus-an
Google Peringati Kemerdekaan RI
Paskibraka Awalnya Militer