Lima Kesalahan Saat Mandi Foto: Google

Lima Kesalahan Saat Mandi

PinkKorset.com – Mandi amat penting untuk menjaga kesehatan. Tapi ada beberapa kesalahan yang malah membuat mandi jadi berakibat buruk.

Beberapa diantara hal ini seringkali tidak Anda sadari dan berakibat buruk untuk kulit. Dr. Heather Woolery-Lloyd dari Specific Beauty skincare dan Dr. Heidi Waldorf dari Mount Sinai Medical Center di NYC mengungkapnya untuk Anda.

Mandi Air Hangat Terlalu Lama

Mandi air hangat di pagi hari atau setelah pulang beraktivitas di malam hari memang membantu relaksasi tubuh. Namun, kata Dr. Heather, berlama-lama mengekspos kulit Anda terhadap air hangat bisa mengikis minyak alami, seperit eksim.

“Sehingga bisa meningkatkan rasa gatal, meski orang itu tidak menderita eksim,” ujarnya. Dr. Heather menyarankan Anda tidak berlama-lama berdiri di bawah pancuran dengan suhu panas atau hangat.

Semakin Banyak Busa Sabun, Semakin Bersih?

Benarkah? Tentu tidak. Seperti mandi air hangat terlalu lama, busa sabun justru mengikis minyak alamti di kulit Anda. Ini akibat zat kimi bernama surfaktan yang terkandung dalam sabun, yang menarik minyak dan air.

“Ketika dikombinasikan dengan air, sifaktan mengangkat minyak kotor sekaligus minyak alami kulit,” kata Dr. Heather. Jangan heran saat kulit Anda kering dan kasar setelah menyabuninya dengan agresif.

Tidak Membilas Sabun dengan Bersih

Busa sabun yang tertinggal di kulit dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan pada kulit. “Pembersih yang mengandung bahan kimia keras, bila tertinggal di kulit dapat menyebabkan,” ujar Dr. Heather.

Sebaliknya, ada pula jenis sabun yang justru mengandung pelembab tambahan yang berguna untuk melindungi kulit sehingga tidak apa-apa jika tertinggal di tubuh.

Masker Wajah Setelah Cuci Muka

Umumnya, orang menggunakan masker setelah mencuci muka. Tapi menurut Dr. Heather, hal ini tidak tepat. “Ini membuat wajah Anda semakin kering. Masker digunakan sebelum mencuci muka,” katanya.

Senada, Dr. Heidi setuju menggunakan berbagai produk setelah mencuci muka malah memperbesar risiko iritasi terhadap wajah. Apapun yang digunakan setelah mandi akan lebih mudah diserap kulit.

“Terpenting yang harus Anda ingat setelah mandi adalah menggunakan produk yang memiliki kandungan air dan pelembab,” tuturnya.

Mengeringkan Tubuh dengan Kasar

Setelah mandi, Anda biasanya bergegas mengeringkan tubuh dengan handuk agar bisa segera berpakaian. Tanpa Anda sadari, cara buru-buru itu membuat kulit semakin kering.

Apalagi jika Anda menggosok-gosok dengan kasar dan bukan menepuk-nepuk kulit dengan handuk. Kulit yang mengering karena sabun ketika mandi, malah jadi semakin kering.

“Gunakan lotion atau krim pelembab di bagian-bagian tubuh yang cenderung cepat mengalami kekeringan,” kata Dr. Heidi.