Lukisan Malala Laku Hampir Rp1M! [rawstory]

Lukisan Malala Laku Hampir Rp1M!

PinkKorset.com, New York – Masih ingat aktivis Pakistan Malala Yousafzai? Lukisan dirinya laku seharga US$82.000 atau sekitar Rp934 juta dalam lelang di New York.

Lukisan cat minyak yang diberi judul ‘Girl Reading’ itu dilukis tahun lalu oleh seniman Inggris Jonathan Yeo. Lukisan itu sempat dipamerkan di National Portrait Gallery di London dalam pameran karya Yeo, bersanding dengan foto lain seperti Kevin Spacey dan Rupert Murdoch.

Malala menjadi buah bibir dunia, setelah ia selamat dari tembakan di kepalanya oleh Taliban pada 2012. Ketika itu, Malala yang masih berusia 15 tahun, sedang dalam perjalanan ke sekolah. Ia menjadi sasaran Taliban kerena menuntut pendidikan untuk anak perempuan di Lembah Swat di Pakistan.

Yeo mengakui berbicara cukup lama dengan Malala dan mendengar berbagai pandangannya sebelum melukis aktivis itu.  Ia mengatakan ingin membidik “dikotomi luar biasa” atas seseorang dengan “kekuasaan dan kebijaksanaan besar” namun yang masih sangat muda.

Saat karyanya selesai, Yeo bercerita bahwa Malala mengatakan “lukisan itu menunjukkan bagaimana saya melihat diri saya sendiri.”

Adapun dana hasil lelang lukisan ini akan digunakan untuk membantu meningkatkan pendidikan di Nigeria, menyusul penculikan lebih dari 200 siswi.

Dana yang akan masuk melalui badan amal Malala Fund akan disalurkan untuk lembaga swadaya masyarakat Nigeria yang menangani pendidikan perempuan.