Makanan Sehat Anti-Stres [google]

Makanan Sehat Anti-Stres

PinkKorset.com, Jakarta – Pernah dengar istilah stress eating? Boleh saja. Tapi lakukan dengan makanan sehat berikut ini.

Lawan stres dengan makanan! Ups, takut gemuk? Tak perlu khawatir, sebab Anda bisa melakukannya dengan makanan sehat yang mengandung banyak manfaat untuk menurunkan tingkat stres.

Secara ilmiah, beberapa kandungan yang terdapat di dalam makanan seperti phenethylamine, serotonin, dan magnesium membantu menurunkan kadar stres. Lalu, makanan apa sajakah yang mengandung zat-zat tersebut?

Dark Chocolate

Mengandung flavonoids yang dapat membuat Anda merasa lebih santai. Zat ini juga terdapat di teh yang mengandung chamomile. Selain flavonoids, dark chocolate juga mengandung bahan kimia phenethylamine yang memberikan efek senang.

Tunggu dulu, bukanlah cokelat membuat tubuh gemuk? Tidak selalu. Semakin gelap, semakin banyak kandungan cokelat, minimal 70%. Gula dan lemaknya pun semakin rendah.

Susu Hangat

Susu hangat sejak dulu sudah dikenal memiliki efek menenangkan. Ini dibuktikan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa perempuan yang minum susu hangat lowfat atau skim (tanpa lemak) empat gelas atau lebih sehari, bisa mengurangi setengah dari gejala Pra Menstruasi Syndrome (PMS) dibandingkan mereka yang meminumnya sepekan sekali.

Oatmeal

Makanan ini banyak mengandung karbohidrat yang membantu Anda memproduksi hormon serotonin. Hormon tersebut menenangkan dan membantu memerangi kecemasan.

Mengapa harus oatmeal? Dibandingkan makanan berkarbohidrat lainnya, oatmeal adalah makanan sehat yang kaya serat. Ini sangat berguna bagi kesehatan terutama untuk menjaga kolesterol dalam darah.

Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu meredakan gejala stres dan menekan produksi kecemasan seperti hormon kortisol dan adrenalin.

Kacang Kenari

Kacang kenari telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah terutama bagi mereka yang sering bekerja lembur dan memiliki adrenalin tingkat tinggi.

Kuaci

Biji bunga matahari atau yang umum disebut kuaci mengandung folat yang tinggi dan dapat membantu Anda mendapatkan rasa senang. Juga merangsang zat kimia dalam otak yang disebut dopamine.

Bayam

Penelitian menunjukkan, bayam mengandung banyak magnesium yang meningkatkan respon tubuh terhadap stres.