Mana yang Benar, UK, Inggris, atau Britania Raya? Foto: UK

Mana yang Benar, UK, Inggris, atau Britania Raya?

PinkKorset.com – Apa sih nama negaranya? United Kingdom (UK), Inggris, atau Britania Raya?

Banyak yang bingung dengan penggunaan istilah untuk negara yang kita kenal dengan nama Inggris ini. Sebenarnya, menyebut Inggris pun sama saja seperti turis asing yang menyebut negara kita ini Bali, bukan Indonesia.

Nama resmi ‘Inggris’ ini cukup panjang, United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. Dalam Bahasa Indonesia, Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara. Whew.

United Kingdom terdiri dari empat bagian. Skotlandia (Scotland), Wales, England (Inggris), dan Irlandia Utara. Mengerti, bukan, jika hanya menyebut Inggris berarti kita hanya merujuk pada satu wilayah?

Sejarah bendera UK alias Union Jack.

Sejarah bendera UK alias Union Jack.

Inggris ibukotanya London dan memiliki wilayah terbesar dan penduduknya 84% dari total penduduk UK. Skotlandia ibukotanya Edinburgh dan memiliki 790 pulau yang baru dihuni 130.

Wales beribukota Cardiff dan Irlandia Utara ibukotanya Belfast. Ratu Elizabeth II adalah kepala negara UK dan seorang Perdana Menteri (PM) bertindak sebagai kepala pemerintahan.

Lalu mengapa Inggris dominan? Sejak 1707, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara punya pemerintah eksekutif sendiri. Parlemen UK pun menyerahkan sebagian kekuasaan ke badan pemerintahan masing-masing.

Adapun Inggris, parlemennya adalah parlemen seluruh UK. Jadi, semua anggota parlemen ikut memikirkan nasib Inggris. Termasuk referendum Skotlandia untuk kemerdekaan mereka, yang akan digelar tahun ini.

Lantas, apa pula itu Great Britain (GB) alias Britania Raya? GB adalah istilah politik dan geografi untuk menunjukkan pulau terbesar yang dimiliki UK. Sebagaimana di peta, Irlandia Utara berbagi pulau besar dengan negara lain, Republik Irlandia.

Peta United Kingdom

Peta United Kingdom

Dan kini, Anda pun mengerti mengapa namanya United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland serta mengapa menyebut Inggris berarti hanya merujuk pada sebagian dari negara itu sendiri.