Manfaat Fisik dan Mental Gerakan Yoga Foto: Google

Manfaat Fisik dan Mental Gerakan Yoga

PinkKorset.com, Jakarta – Yoga yang kian menjamur, memiliki manfaat baik untuk fisik dan mental Anda.

Selain dua manfaat tersebut, masih banyak hal positif yang bisa Anda rasakan setelah rutin melakukan yoga. Plus, Anda tak membutuhkan banyak ruang untuk bergerak dan waktu yang lama.

Berikut beberapa manfaat yoga dan pose atau gerakan yang mendukung manfaat tersebut.

Kekebalan Tubuh

Penelitian di Norwegia menemukan, melakukan yoga menghasilkan perubahan ekspresi gen yang meningkatkan kekebalan tubuh pada tingkat sel dalam waktu singkat.

Mitchel Bleier, seorang guru yoga selama 18 tahun dan pemilik Yogapata di Connecticut menyatakan, yoga membantu meningkatkan kekebalan dengan hanya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

“Saat Anda bernapas, bergerak dan memiliki sirkulasi lebih baik, semua fungsi organ lain juga akan berjalan lebih baik,” ujar Bleier.

Untuk mendukung manfaat ini, gunakan pose Salutation matahari (Surya Namaskar). Bleier menyebutkan jika pose ini dapat ditemukan di hampir semua kelas yoga. Ini menciptakan sirkulasi besar dan keringat.

Kurangi Migren

Penelitian menunjukkan, penderita migrain berkurang sakitnya tiga bulan setelah latihan yoga rutin. Meski belum pasti penyebabnya, Bleier merasa migren merupakan kombinasi stress mental dan fisik.

Lakukan Bridge Pose (Setu Bandha Sarvangasana). Jaga bahu sesuai dasar leher, gerakkan bahu ke dalam, sehingga tulang belikat juga dekat. Angkat dada ke arah dagu, sehingga otot-otot trapezius atas mengalir dari kepala.

Fungsi Seksual

Yoga selama 12 pekan, menurut penelitian, dapat meningkatkan gairah seksual, gairah, kinerja, kepercayaan, orgasme dan kepuasan. Baik bagi perempuan maupun laki-laki.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda bisa mencoba Bound Angle Pose (Baddha Konasana).

Tidur Lebih Baik

Delapan pekan yoga harian meningkatkan kualitas tidur secara signifikan. Ini terkait manfaat yoga yang mengurangi masalah orang yang berurusan dengan stres, kata Bleier.

Gunakan Corpse Pose (Savasana) dengan pernafasan diafragma untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. Berbaring terlentang dan lebarkan kaki, letakkan lengan di sisi tubuh dan telapak tangan di atas perut.

Hirup dan buang napas melalui hidung, ikuti nafas dan rasakan gerakan perut anda yang naik dan turun tepat di bawah telapak tangan Anda. Nafas, otot dan pikiran harus benar-benar santai.