Manisnya Ubi Cilembu Sampai ke Jepang dan Korea [desacilembu]

Manisnya Ubi Cilembu Sampai ke Jepang dan Korea

PinkKorset.com, Sumedang –  Jepang dan Korea ternyata menggemari Ubi Cilembu, ubi dengan rasa manis alami asal Jawa Barat. Melihat peluang ini, para petani pun bersemangat.

Sarya, salah satu petani Ubi Cilembu Sumedang di Cirebon, mengatakan, meningkatnya pesanan ekspor Ubi Cilembu untuk Jepang dan Korea, membuat para petani lokal kian menggenjot produksi mereka. Apalagi lahan tanam masih banyak tersedia.

Menurutnya, lahan pertani lereng gunung di Kabupaten Sumedang subur, sehingga potensial mengembangkan berbagai jenis sayuran dan umbi-umbi, salah satunya Ubi Cilembu.

Sarya menuturkan, sebelumnya budidaya Ubi Cilembu dilakukan organik, hanya memanfaatkan pupuk alam sisa limbah jerami. Namun, petani kini terpaksa secara konvensional menggunakan pupuk kimia supaya hasil panen maksimal.

Setelah panen, Ubi Cilembu ini dibawa ke Cirebon untuk diekspor tujuan Jepang dan Korea, karena eksportirnya berada di Kabupaten Cirebon.

Ubi Cilembu yang dikembangkan di lereng Gunung Cilembu Sumedang memiliki cita rasa tersendiri, yakni rasa manis alami, berbeda dengan ubi daerah lain. “Tak heran bila ubi ini diminati konsumen lokal bahkan tembus pasar eskpor terutama Jepang,” katanya, akhir pekan lalu.

Besarnya permintaan, membuat harga Ubi Cilembu tetap stabil. Kualitas utama dijual Rp7.500 per kilogram, sedangkan kualitas di bawahnya kisaran Rp5.000 per kilogram.

Senada dengan Juanda, petani Ubi Cilembu di kawasan yang sama. Menurutnya, hasil panen Ubi Cilembu yang ditanamnya selalu dikirim untuk memenuhi pesanan ekspor tujuan Jepang. Selain harganya stabil, permintaannya cukup tinggi.

“Ubi Cilembu kualitas unggulan, langsung dipasok ke Jepang dan Korea, sedangkan kualitas biasa mash dibutuhkan pedagang lokal karena rasanya masih manis, hanya beda ukuran saja.”

Hen San eksportir ubi Cilembu di Cirebon mengaku, pesanan ubi Cilembu untuk pasar ekspor terus meningkat. Selain Jepang dan Korea, pihaknya kini tengah menjajaki negara Timur Tengah.

Menurut Hen, Ubi Cilembu hasil panen petani Kabupaten Sumedang, memiliki keunggulan yakni rasa manis natural, tahan lama, gurih dan legit alami, sehingga memikat pasar ekspor.

[antara]