Mari Mengenal Skizofrenia Foto: canadianpharmacymeds

Mari Mengenal Skizofrenia

PinkKorset.com – Mendengarnya saja sudah merinding. Tapi sayangnya, ada pula yang berpendapat kelainan ini tak nyata. Mari mengenal skizofrenia.

Skizofrenia (Inggris: schizophrenia) adalah kelainan otak yang kronis. Penderitanya bisa mendengar suara-suara, melihat sesuatu yang tak nyata, atau meyakini orang lain mengendalikan otak mereka.

Sensasi itu bisa menakutkan dan terkadang membuat tindakan mereka jadi tak biasa. Tak ada obat yang bisa menyembuhkan skizofrenia. Tapi ada perawatan yang dilakukan untuk mengendalikan gejala-gejala serius.

Diantara gejala skizofrenia adalah halusinasi, yakni mendengar atau melihat sesuatu yang tak nyata. Delusi, sangat meyakini hal yang salah. Paranoia, teramat takut bahwa orang lain melakukan sesuatu terhadap si penderita.

Beberapa gejala lainnya adalah kurang menikmati kehidupan sehari-hari, menarik diri dari aktivitas sosial, dan kadang terlihat seperti depresi. Penderita skizofrenia berpikir dengan abnormal dan sulit berpikir dengan logis.

Banyak yang meyakini, skizofrenia adalah kepribadian ganda. Padahal bukan, sebab penderitanya tak menciptakan pribadi-pribadi lain dari dirinya. Ia hanya berbicara tak masuk akal dan umumnya tak mencederai orang lain.

Semua orang rentan terhadap skizofrenia. Gejalanya biasanya terlihat di usia 16-30 tahun, pada laki-laki kadang terlihat lebih awal. Jarang terlihat gejalanya pada kanak-kanak atau setelah 45 tahun. Jika ada riwayat keluarga, peluangnya besar.

Tak ada penyebab pasti, meski ilmuwan meyakini gen dan lingkungan berpengaruh besar. Hasil uji lab pun tak bisa membuktikannya, jadi diagnosa dilakukan berdasarkan sejarah dan gejala.

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang menderita skizofrenia, yang bisa dilakukan adalah mencegahnya kambuh. Yakinkan penderita untuk terus menjalankan pengobatannya, karena mereka biasanya suka diam-diam berhenti.

Ikutlah saat ia menjalani sesi terapi atau apapun yang ada hubungan dengan skizofrenia. Terpenting, dukung dan hormati dirinya.