Masyarakat Indonesia Enggan Transaksi Online [shutterstock]

Masyarakat Indonesia Enggan Transaksi Online

PinkKorset.com – Masyarakat Indonesia sepakat bahwa belanja online merupakan kegiatan menyenangkan. Namun, mereka ogah bertransaksi secara online. Lho!

Menurut laporan terbaru UBS, lebih dari dua pertiga konsumen Indonesia sepakat belanja online merupakan kegiatan yang mengasyikkan.

Namun, aktivitas belanja di dunia maya tersebut hanya tercatat 0,1% atau US$100 juta dari semua transaksi produk eceran di Indonesia.

Hal ini didukung survei lembaga riset pasar Nielsen yang menunjukkan 80% warga Indonesia mengaku membaca ulasan produk secara online, sebelum memutuskan membeli langsung di toko fisik.

Angka ini jauh lebih tinggi ketimbang rata-rata global yang sebesar 60%.

Salah satu hambatannya adalah minimnya penetrasi kartu kredit serta kartu debit. Untuk negara dengan penduduk 240 juta orang, hanya 92 juta rekening bank yang terhubung ke kartu kredit atau debit di Indonesia.

Demikian menurut data Euromonitor International pada 2013.

Alasan lain adalah ketidakpercayaan belanja via online. Menurut Nielsen, sebanyak 60% konsumen Indonesia enggan membagi informasi kartu kredit mereka lewat internet. Jumlahnya lebih besar dari negara mana pun di Asia Tenggara, kecuali Filipina.