Masyarakat Modern Abaikan Waktu Tidur [koco]

Masyarakat Modern Abaikan Waktu Tidur

PinkKorset.com – Kurang tidur dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Sayangnya, masyarakat modern masih banyak yang mengabaikan pentingnya waktu tidur.

Ilmuwan dari Universitas Oxford, Cambridge, Harvard, Manchester dan Surrey di Inggris memperingatkan kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Terutama bagi masyarakat modern yang dinilai “sangat arogan” dengan mengabaikan pentingnya tidur.

Para ilmuwan mengatakan banyak orang secara aktif hidup melawan jam biologis tubuh, yakni mekanisme internal yang mengatur berbagai fungsi tubuh. Baik dengan tidur terlalu sedikit, dengan mengubah waktu kerja atau menggunakan komputer dan ponsel pintar pada malam hari.

Hal ini dapat mengganggu DNA tubuh dan menyebabkan kanker, penyakit jantung, diabetes tipe-2, infeksi dan obesitas.

Profesor Russel Fostser dari Universitas Oxford menjelaskan kebanyakan orang tidur lebih sedikit dibandingkan orang-orang 60 tahun yang lalu, dengan tidur kurang satu hingga dua jam per hari.

Ini merupakan masalah serius, terutama di kalangan remaja. Ia bahkan pernah bertemu beberapa remaja yang tidur dengan menggunakan obat tidur orang tua mereka di malam hari dan minum minuman isotonik di pagi hari.

Peringatan akan bahaya kurang tidur ini juga ada di jurnal medis The Lancet bulan April lalu dengan imbauan agar para dokter memberi resep tidur untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.