Membantu Sahabat yang Sedang Bimbang Foto: prodavnica

Membantu Sahabat yang Sedang Bimbang

PinkKorset.com, Jakarta – Membantu sahabat saat bimbang terkadang menjadi tugas Anda. Ada langkah tepat yang bisa Anda lakukan untuk membantunya.

Menjadi sahabat berarti bersedia berbagi rasa dengan orang lain. Tak hanya rasa senang, tapi juga rasa sedih dan bantuan saat sahabat tengah mengalami kesulitan.

Setiap orang pasti mengalami fase-fase sulit dalam hidupnya, tak terkecuali sahabat kita. Jika bingung dengan bantuan yang bisa Anda berikan, mungkin beberapa langkah berikut ini bisa dilakukan.

Selalu Berada di Sisinya

Buat sahabat tahu bahwa Anda tak pernah menghakimi dan menerima apapun keputusan yang ia pilih. Jika ia sudah memutuskan, Anda tak perlu lagi memberinya keputusan baru. Apalagi memaksanya, sebab belum tentu ia menyukai pilihan yang Anda buat.

Pendengar yang Baik

Menjadi pendengar yang baik bukan berarti Anda hanya sebagai telinga. Jangan menambah tekanan pada sahabat dengan masukan atau pendapat yang anda berikan. Jika ingin berpendapat atau memberikan masukan, wajib diingat bahwa keputusan tetap berada di tangannya.

Buat Permainan ‘Perang’ Argumen

Bila kondisinya memungkinkan, ajaklah sahabat ‘adu argumen’ terhadap pilihan-pilihan yang harus ia ambil. Hal ini berguna untuk mengetahui pilihan mana yang lebih ia pertimbangkan.

Peluklah Sahabat Anda

Pelukan dapat menimbulkan rasa nyaman. Pelukan juga membuat sahabat Anda lebih rileks dan bisa berpikir dengan tenang.

Tawarkan Bantuan

Tanyakan padanya, apakah ia membutuhkan bantuan Anda. Tetap ingat, Anda hanya menawarkan, tidak memaksa atau membuatnya semakin tertekan.

Biarkan Ia Buat Pilihan Benar

Jangan tekan sahabat sehingga ia memilih keputusan secara terburu-buru. Biarkan ia berpikir matang hingga menemukan keputusan yang tepat sesuai dengan kondisi atau masalah yang sedang dihadapi.