Mencuci Tanpa Merusak Pakaian Foto: hgtv

Mencuci Tanpa Merusak Pakaian

PinkKorset.com – Mencuci baju memang gampang-gampang susah. Banyak yang harus Anda perhatikan agar tak merusaknya.

Bisa jadi sumber masalah perusak pakaian saat mencuci ada pada peralatan mencuci. Selain kualitas yang kurang baik, peralatan mencuci bisa menjadi ‘musuh’ bagi pakaian.

Mulai dari sabun cuci dengan bahan kimia terlalu keras yang merusak warna dan serat hingga penggunaan mesin cuci tak selalu tepat untuk semua jenis pakaian. Lalu bagaimana cara mencuci yang benar dan bersahabat bagi pakaian?

Balik Saat Mencuci

Tak hanya saat menjemurnya, pakaian perlu dibalik saat mencucinya. Baik saat mencuci manual dengan menggunakan tangan atau mesin cuci. Tujuannya, menjaga warna pada bagian luar pakaian agar tak cepat pudar dan berubah. Selain itu, dapat melindungi detail pada pakaian dari kerusakan.

Kumpulkan Pakaian Kecil dan Halus

Masukkan pakaian berukuran kecil dan halus seperti kaus kaki, sapu tangan dan sarung tangan ke dalam satu tempat seperti sarung bantal. Ini menjaga agar kain-kain tersebut tak mudah rusak ketika mencucinya di dalam mesin cuci.

Tutup Retsleting dan Kancing

Ini mencegah agar tidak tersangkut di pakaian yang lain dan membuatnya longgar atau macet.

Jangan Gunakan Banyak Deterjen

Menggunakan sabun deterjen terlalu banyak hanya akan meninggalkan noda di pakaian dan berdampak pada serat pakaian. Untuk itu, gunakan secukupnya, kemudian pilihlah jenis deterjen yang tak terlalu keras.

Simpan dengan Benar

Lipat dan simpanlah pakaian Anda dengan rapi dan tak terlalu padat. Ini juga berlaku saat menggantung pakaian di lemari. Menyimpannya dengan mendesak pakaian satu dengan pakaian lainnya dapat menimbulkan kerutan. Terlalu sering menyetrika juga memperpendek usia baju.

Jangan Sering Cuci Jeans

Terdengar jorok tapi inilah faktanya. Mencuci celana jeans terlalu sering membuat warnanya cepat memudar dan perlahan longgar. Bersihkan dari segala kotoran tanpa mencucinya. Lipat dan masukkan ke dalam freezer selama beberapa hari. Suhu rendah akan membunuh bakteri, menghilangkan bau dan membuatnya lebih segar.