Mengapa Jarang Ada Perempuan di Ilmu Komputer? [slate]

Mengapa Jarang Ada Perempuan di Ilmu Komputer?

PinkKorset.com, California – Mark Zuckerberg ditanya mengenai minimnya jumlah perempuan di bidang ilmu komputer. Apa jawabnya?

Pendiri Facebook dan miliarder berusia 30 tahun ini mengaku tertarik untuk mempromosikan suasana pro-perempuan di Facebook.

Setelah memperkerjakan Sheryl Sandberg sebagai chief operating officer pada 2008, perusahaan baru-baru ini meluncurkan program pembekuan telur untuk mendukung karier karyawan perempuannya.

Namun, ia masih khawatir dengan rendahnya jumlah perempuan yang memulai karir di sektor teknologi, dan percaya ada ‘lingkaran setan‘ di pusat masalah ini.

“Masalahnya adalah, tidak jelas dari mana Anda akan mulai membenahinya. Anda harus mulai lebih awal sehingga para gadis tidak menghindari pendidikan ilmu komputer.“

Ia pun mengaku pernah mendengar seseorang yang mengatakan,”Alasan mengapa perempuan tidak masuk ke ilmu komputer adalah karena tidak ada perempuan dalam ilmu komputer,” ujarnya dalam sesi tanya jawab yang berlangsung di markas besar Facebook, Menlo Park, California, pertengahan pekan ini.

Hal itu membuatnya resah dan merasa perlu memutuskan ’lingkaran setan’ tersebut. “Anda perlu memutus siklus. Perusahaan dengan jenis pekerjaan bervariasi bisa berbuat lebih baik.”