Mengenal Gejala Iritasi Akibat Produk Kecantikan [thehealthsite]

Mengenal Gejala Iritasi Akibat Produk Kecantikan

PinkKorset.com – Tidak semua produk kecantikan cocok dengan kulit wajah. Salah-salah, bukan wajah mulus yang diperoleh, namun malah iritasi.

Para perempuan biasanya tertarik membeli produk kecantikan karena kepincut dengan mereknya, ikut-ikutan geng arisan, atau mendapat rekomendasi dari teman yang kulit wajahnya sehalus bayi.

Namun, mengingat beberapa kulit sangat sensitif, produk tersebut bukannya mempercantik malah memicu iritasi fatal.

Anda pun sebaiknya mengenali tanda-tanda iritasi, agar bisa segera mengatasinya.

1. Rasa panas
Rasa panas yang muncul setelah beberapa saat menggunakan produk kosmetik dalam bentuk apapun, merupakan gejala iritasi. Kalau pemakaian diteruskan tanpa penanganan, maka kulit bisa meradang.

2. Ruam atau kemerahan
Munculnya bercak merah atau ruam, bisa menjadi gejala awal iritas akibat pemakaian produk kecantikan yang tidak sesuai. Bercak merah ini bisa berupa titik merah, biang keringat atau jerawat, yang bentuknya berkumpul pada satu titik ataupun menyebar.

Iritasi jenis ini juga bisa menyerang bagian sensitif atau kulit tipis pada kulit, seperti area mata dan bibir. Bila Anda mengalami hal ini, segera konsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

3. Gatal
Saat terjadi alergi biasanya sel kulit kita bereaksi membuat perlindungan untuk melawannya. Salah satu indikasinya adalah rasa gatal. Saat Anda mengalami gatal pada kulit wajah, jangan menggaruknya karena akan menyebabkan trauma kulit dan membuat luka yang membekas.

Anda sebaiknya segera membersihkan bagian kulit yang terpapar produk tersebut. Bila terjadi iritasi seperti ruam atau bercak kemerahan, segera ke dokter.

Untuk menghindari iritasi, coba produk tersebut sebelum membelinya. Oleskan sedikit di tangan bagian dalam atau belakang telinga. Jika 30 menit tidak ada masalah, berarti produk tersebut aman bagi Anda.